Ketika cinta kamu dikhianati, kamu akan ……

Apa yang kamu lakukan kalau kamu menemukan kekasih kamu mengirim pesan-pesan mesra pada orang lain? Jalan dengan gadis atau pria lain dengan mesra. Photo-photo yang jelas bukan hanya berteman akrab. Atau berciuman di didepan mata kamu.

Terluka? Jelas. Marah? Sudah pasti. Lalu setelah itu apa? Memukulnya, mencakar atau menggigit dia dan pasangan selingkuhnya tidak akan membuat hati dan perasaan kamu baik-baik saja. Hati dan perasaan kamu yang berharga sudah dilukai, dirusak dan berdarah-darah.

Menangis memang tidak menyelesaikan masalah tapi setidaknya dengan menangis semua emosi kamu akan keluar. Perasaan marah dan sedih kamu ditanggapi oleh otak, dengan menyuruh kelenjar air mata memproduksi air asin yang keluar dari bola mata kamu. Hal ini dilakukan untuk meringankan perasaan kamu yang kacau. Percaya deh tubuh, hati dan pikiran kamu adalah satu kesatuan. Salah satunya sakit maka yang lain juga akan merasakan.

Saran aku, kalau kamu mengalami apa yang disebut “penghianatan oleh kekasih” sebaiknya kamu enggak perlu mengenal atau pun tau tentang pasangan selingkuh kekasihmu. Buat apa dan enggak ada mamfaatnya bagi kamu. Kecuali kamu emang mau nyari penyakit dengan dengar alasan dia selingkuh, apa saja yang sudah mereka lakukan dibelakang kamu dan seperti apa “dia” yang merebut tempatmu. Kamu sama sekali enggak butuh tambahan rasa sakit dengan mengetahui ini.

Kamu harus memutuskan untuk melanjutkan hubungan ini atau mengakhirinya disini. Kalau kamu siap dan percaya kekasihmu akan berubah, lanjutkanlah percintaan ini. Tapi kalau kamu enggak bisa menerima keadaan ini dan lebih memilih putus, putuslah dengan baik-baik. Cinta bukan hal yang dapat dipaksakan pada salah satu atau kedua pihak. Cinta itu butuh kerjasama dari kedua belah pihak untuk mewujudkannya. Dan kalau hanya menghitung untung dan rugi, itu bukan cinta namanya melainkan bisnis. Apa kamu mau membisniskan hati, pikiran dan perasaan kamu dengan orang yang bahkan tidak akan mempertimbangkan apakah kamu bahagia atau tidak.

Jangan takut untuk menjadi sendirian karena hati pikiran dan perasaan kamu itu berharga. Kelak akan ada orang yang menganggap kamu penting, sehingga ia tidak akan memberikan apapun pada kamu selain rasa bahagia.

Hugs and love, yona sukmalara!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s