apa hubungannya kesetiaan, anjing dan celana jeans?

Sebuah pesan singkat datang pagi ini. Isinya cuma manggil namaku aja tanpa tambahan apa-apa. Saat aku membacanya, aku berpikir haruskah aku balas? Tapi kalau aku balas kayaknya aku bodoh banget. Dulu aja saat aku yang kirim pesan, nelfon enggak diperdulikan. Loh bukannya mau balas dendam, tapi kayaknya enggak ada yang harus dibicarain lagi. Karena memang enggak ada apa-apa.

Aku ingat dia pernah bilang, saat dia kesepian dan pengen teman ngobrol dia smsin semua mantannya. Kali aja ada yang mau balas dan bisa ngobrol. Jadi ibaratnya kayak iseng-iseng berhadiah, coba aja dan kamu nggak rugi apapun. Nah aku curiga maksudnya sama dengan sms yang dia kirim tadi pagi. Lagi pula kalau memang ada yang penting nanti dia juga yang ngubungi lagi.

Dari cinta, persahabatan dan kesetiaan mana yang lebih penting menurut kalian? Cinta tanpa bisa bersikap setia terhadap pasangan sama aja dengan omong kosong. Persahabatan tanpa loyalitas terhadap teman itu kayak kerupuk yang kena air. Makanya aku bilang kesetiaan yang lebih utama. Setidaknya walau sudah tidak cinta dan tidak berteman lagi tapi kalau masih punya kesetiaan kamu tidak akan ditinggal sendirian.

Bagaimana cara mendapatkan kesetiaan dari seseorang? Taukan kalo anjing itu hewan peliharaan yang sangat setia sama majikannya. Anjing kalau dirawat dengan baik, dikasih makan, diajak bermain dia akan setia sampai mati sama majikannya. Bahkan kalaupun majikannya sudah mati, dia tetap akan menyanyangi majikannya dan tetap setia. Bagaimana dengan manusia? Apa cukup dengan kita perlakukan dengan baik dia akan setia kepada kita. Enggak. Manusia jauh lebih rumit dibandingkan itu. Manusia bahkan terkadang jauh lebih kejam daripada binatang.

Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan kesetiaan dari orang lain? Kesetiaan muncul karena kualitas. Orang memakai jeans levis yang mahal itu karena kualitas kain nomor satu (awet, tahan lama, tahan api dan kuat) jahitannya kuat tidak mudah sobek dan modelnya klasik sehingga bisa dipakai bertahun-tahun. Jadi kalau mau mendapatkan kesetiaan dari orang lain, kita harus punya kualitas yang bikin orang percaya sama kita dan setia pada kita.
Kamu enggak bisa datang dan pergi seenaknya terus masih mengharapkan orang tetap akan menyambut kamu dengan hangat dan senyum yang sama. Kalau kamu pada saat yang lain pernah mengacuhkan orang tersebut tanpa alasan yang pasti. Kamu tidak punya kualitas untuk mendapatkan kesetiaan dari orang lain, baik itu kekasih atau teman. Ini bukan soal dendam atau kemarahan, tapi bahkan kamu tidak berhak mengganggu waktu berharga orang lain walau kamu merasa senggang. Pikirkan lagi sebelum melakukan sesuatu, pikirkan apa yang sudah kamu lakukan pada orang lain dan apa yang pantas kamu dapatkan dari orang itu setelah perlakuanmu padanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s