cobaan di2012 dan harapan

Dalam hidupku ibu dan adik-adikku adalah ujian yang diberikan Tuhan padaku. Ini ucapan yang menyedihkan yang pernah aku katakan pada diriku sendiri. Kau tidak akan tahu rasanya kalau kau tidak menjadi aku dan menjalani hidup seperti aku. Aku pernah mengatakan ada hal-hal yang tidak bisa kau hindari meskipun kau tidak menginginkannya, ini salah satunya. Tuhan memaksakan aku untuk mencintai mereka (keluarga) tanpa syarat dan tidak ada pilihan lain kecuali menerimanya. Dan berdamai dengan keadaan ini. Apalagi yang dapat kulakukan?

Setahun berlalu dan keadaan tidak juga membaik. Ada saat-saat dimana aku ingin lari atau bunuh diri saja. Saat-saat sulit dan putus asa. Tapi aku bertahan. Walau keadaan masih belum menunjukkan perubahan yang berarti. Tekanan yang datang dari orang-orang terdekat namun justru dari merekalah kata-kata paling pahit itu menghujam jantung.

Aku lelah. Dan rasanya ingin berbaring saja sampai semuanya menghilang. Tapi dalam kehidupan nyata tidak bisa begitu. Aku tetap harus terjaga, mencari uang, makan, mandi dan melakukan hal-hal yang dilakukan orang normal lainnya. Siapa yang tahu perasaan dan pikiranku yang sudah muak dengan segalanya?

Hanya tanggung jawab yang menahanku. Tanggung jawab sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang haram mengakhiri hidupnya sendiri. Tanggung jawab sebagai putri dari seorang ibu. Tanggung jawab seorang kakak pada adik-adik yang sudah tidak berbapak (bokap nitipin mereka padaku). Dan tanggung jawab sebagai manusia yang menghargai hidup, walau aku tidak yakin apakah hidupku begitu berharga atau tidak.

Harapan. Adalah kata-kata manis penyemangatku. Jauh di dalam hati dan pikiranku aku selalu berharap keadaan akan membaik. Semuanya baik-baik saja. Walau aku tidak tahu kapan dan bisakah terjadi, namun aku tetap menyimpan sebuah harapan. Semoga suatu saat Tuhan menjawab doa dan harapan-harapan yang kulambungkan ke langit. Amin.

Leave a Reply

