hidup dengan berani!

Saat kita melakukan kesalahan atau punya masa lalu yang tidak cemerlang, kita tidak bisa membuatnya jadi lebih baik meskipun sekarang mungkin kita sudah berubah dan menjalani hidup dengan baik-baik. Ada dua pilihan yang biasanya dilakukan orang, menutupinya rapat-rapat dan membiarkannya saja. Hanya sedikit yang bisa menerima kesalahan dan masa lalu adalah bagian tak terpisahkan dari dirinya sendiri.

Hidup ini sulit bagi sebagian orang dan sebagiannya lagi menganggap dunialah yang kejam. Ya, hidup memang tidak semudah itu dan dunia nyata adalah tempat yang keras untuk hidup, dan semakin kita bertahan dengan nurani dan norma-norma agama yang kita yakini semakin sulit juga ia mencengkram hatimu. Dan betapa susahnya pun untuk jadi orang baik-baik, tetapi bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Keadaan yang semakin sulit, aku bahkan tidak tahu ke depannya akan jadi lebih baik atau buruk. Aku hanya bisa berharap dan berdoa, Tuhan tidak sedang mempermainkan perasaan, pikiran dan jiwaku untuk sesuatu yang tidak berharga nantinya. Semoga Ia mengasihaniku. Dan aku pikir keadaan nggak akan jauh lebih buruk dari ini, jadi kenapa nggak dihadapi aja. Hidup dengan berani dan tabah, toh bagian terburuk mana yang belum pernah kujalani. Jadi berhenti menangis dan beranikan diri menghadapi apapun yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s