Di Dunia Mana Kita Hidup?

Rasanya sedih dan malu! Tapi ketidakberdayaan ini jauh lebih menyesakkan daripada lainnya. Aku bahkan tidak bisa menangis.
Jadi tangan di bawah itu sulit, karena berharap dan meminta bantuan pada orang lain tidak semudah itu melakukannya. Selain harus menelan harga diri dan menepiskan malu terkadang orang-orang tetap tidak membantu.

Aku malu. Bukan karena keadaan yang diberikan Tuhan. Menjadi tangan di bawah itu tidak pernah semudah melihatnya. Apalagi bagi orang yang memegang erat idealisme, berat sekali menjalankannya dengan memegang prinsip untuk tetap di jalan yang benar.

Orang-orang memandang rendah, bicara seenaknya dan menghina. Mungkin segala kesusahan ini belum cukup. Tuhan juga seperti menghilang dan tak mendengar doa-doa yang dipanjatkan.

Katanya Tuhan sengaja membuat kita merasa sangat terpuruk sehingga kita bisa menyadari bahwa manusia bisa melakukan hal lain selain meratapi nasib buruk. Tapi benarkah semudah itu?

Aku sedang sangat terluka. Aku marah. Aku kecewa. Bahkan semua kesulitan ini bukan salah dan mauku. Dan sialnya keadaan sulit ini juga diperparah dengan orang-orang disekeliling yang menekan, dan terkadang tidak mau susah-susah memikirkan perasaan orang lain.

Itulah hidup. Yang aku jalani. Ada hal yang dipaksakan masuk dalam hidup kita tanpa bisa menolak. Dan kita tak bisa berbuat apapun selain menerimanya. Terkadang ada saat dimana aku ingin mati atau menghilang. Ada saat seperti itu untukku. Dan sering terjadi. Aku hanya bisa memejamkan mata, menutup telinga dan menyendiri di pojokan. Berharap semuanya akan membaik. Bahkan walaupun hanya dalam mimpi.

Aku tidak membenci hidupku, walau aku tidak pernah diberi kesempatan memilih yang terbaik. Aku juga tidak membenci diriku sendiri karena aku memang tidak bersalah. Aku hanya lelah dan tak memiliki sandaran di dunia ini. Dan itu sangat melelahkan untukku berjalan sendirian.

Leave a Reply

