5 Hal Sepele Yang Bisa Memicu Marah

Percaya nggak kalau seseorang bisa meledak marah cuma karena hal sepele? Tau istilah senggol bacok?
Misalnya ada kejadian dimana sebut saja Si A mengamuk gara-gara seorang temannya memakan kulit kering ayam goreng KF* miliknya yang memang disisain buat terakhir.
Atau Si Y yang mendelete kontak bbm gegara sering banget di-PING terus pas ditanyain ada apa, ternyata cuma iseng atau hal nggak penting lainnya.
Beneran adaloh kejadian kayak gini dan ngamuknya itu kayak cewek drama yang baru aja mergoki pacarnya selingkuh sama temannya yang udah kayak saudara aja. Penuh teriakan, jeritan, tangis dan kacau banget pokoknya.

Nah untuk meminimalisasi kejadian seperti itu, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Lapar.
Menurut penelitian rasa lapar memang bisa membuat seseorang jadi lebih mudah emosian. Apalagi laki-laki biasanya bersikap jauh lebih galak, ketus dan gampang marah kalau perutnya sedang kosong. Nggak percaya? Tanya deh sama Dra. Rieny Hassan konsultan psikologi tabloid Nova. Pasti beliau bilang benar. Soalnya aku pernah baca begitu disalah satu artikel yang ditulis beliau dikoran langganan nyokapku. Jadi berhati-hatilah pada orang yang sedang lapar. Kalau suami, anak atau pacarmu sedang lapar berikan mereka makanan supaya bisa berbicara tanpa perlu emosi. Atau kalau bos mu marah-marah terus di kantor mungkin di rumahnya beliau belum sarapan, makanya sampai kantor jadinya ngamuk melulu. Kasih makan sana gih!

2. Kurang Tidur
Insomnia ataupun enggak, tetapi kurang tidur bisa membuat seseorang jadi lebih sensitif dan lekas marah. Lihat saja bayi atau anak kecil yang kurang tidur pasti rewel sekali apalagi manusia dewasa.
Manusia umumnya membutuhkan istirahat atau tidur selama kurang lebih 8 jam sehari di waktu malam. Hal ini berkaitan dengan siklus metabolisme di dalam tubuh. Saat kita tidur maka sel tubuh kita beregenerasi dan memperbaiki diri. Dan sistem metabolisme melambat. Dan bila kita tidak istirahat, bisa dibayangkan betapa lelahnya sel-sel tubuh kita dan ini mempengaruhi emosi kita secara langsung. Makanya kita jadi lebih gampang marah bahkan hanya untuk masalah kecil. Nggak percaya coba aja nggak tidur 3 hari dan setelahnya pergi ketempat orang yang ramai berdesak-desakan dan berisik. Dijamin anda akan marah cuma gegara kaki keinjek atau bahu yang nggak sengaja kesenggol orang.

3. Kurang Minum Air Putih
Tahukah anda 60 persen tubuh manusia dewasa terdiri dari airloh. Kita manusia sanggup tidak makan selama 40 hari tetapi tidak bisa bertahan hidup tanpa air. Meskipun cuma seminggu. Bila kita kekurangan air maka darah di dalam tubuh mengental dan volume darah menurun. Makanya penderita tekanan darah tinggi disarankan banyak meminum air putih. Kalau semisal ada orang yang punya tekanan darah tinggi lagi kumat dan marah-marah, hal pertama yang disaranin. Suruh minum air putih segelas dulu.
Selain itu dehidrasi atau kekurangan zat cair dalam tubuh bisa menimbulkan konsentrasi menurun, sulit fokus, emosi yang naik turun dan suhu tubuh meningkat. Jadi kalau udah merasa haus segera minumlah, jangan sampai marah-marah terus darah tingginya naik dan stroke. Jatuh. Mati. Hiks.

4. Kurang Makan atau Minum Cokelat
Kalau kita merasa mudah marah, senggol bacok kayak preman di jalanan atau pasar. Berarti kira kurang makan atau minum yang manis-manis. Tapi bukan yang sembarang manis aja. Lebih baik makan atau minum cokelat.
Kenapa? Seperti yang kita tahu cokelat mengandung senyawa yang bila dimakan akan menimbulkan efek bahagia. Jadi logikanya kalau kita makan cokelat nggak mungkin bisa naik darahkan dengan mudah. Dan cokelat juga bisa menghilangkan sakit kepala, daripada makan sembarangan obat.

5. Kelelahan Secara Fisik dan Mental
Kalau ini sih tidak diragukan lagi. Orang yang kelelahan secara fisik dan mental pasti lebih gampang emosian. Bayangkan orang tua kita yang seharian bekerja di luar, mencari makan dengan susah payah lalu terancam dipecat. Dimarahi oleh atasan. Punya hutang pula. Udah gitu saat pulang keadaan rumah berantakan dan anak-anaknya nakal. Yasalam deh. Pasti orang tuanya ngamuk dan marah sejadi-jadinya.

Well, kayaknya cukup aku nulis panjang lebar tentang hal-hal yang bisa membuat orang lebih cepat marah tanpa disadarinya. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s