Passion-ku pada Kata dan Seleraku Terhadap Pria

Menulis adalah passion (hasrat)ku. Aku nggak peduli orang mau baca, menyukainya atau malah mengkritik apa yang aku kemukakan. Silahkan saja. Aku melakukannya demi kesenanganku sendiri terhadap ‘kata’.

Awal kecintaanku terhadap tulisan adalah sejak aku sudah bisa membaca pada kelas 2 SD. Aku tergila-gila membaca apa saja yang ada huruf-hurufnya. Bahkan kertas koran bekas bungkus ikan asin, tetap menarik bagiku untukku baca. Setelah tergila-gila dengan membaca, kecepatanku membaca sesuatu juga mengagumkan. Aku sih tidak pernah menghitung tapi aku bisaloh menghabiskan novel tebal Harry Potter jilid 7 sehari semalam tanpa tidur dan mengerjakan hal-hal lain. Kau boleh mengujiku tanding membaca buku, aku bisa membaca dengan sangat cepat. Ohya sekedar informasi, aku pernah membaca kalau salah seorang President Amerika, Jhon F Kennedy mempunyai kecepatan membaca 1200 kata/menit. Bayangkan betapa banyak buku yang bisa ia baca dengan kecepatan seperti itu?

Nah, setelah membaca begitu cepat aku mulai kehabisan bacaan. Maklumlah pada jaman aku kecil tersebut (sekitar tahun 90an akhir) belum ada internet dan buku-buku lebih banyak tersedia di kota saja. Sedangkan aku tinggal di kampung, alhasil aku menjadi anggota hampir seluruh perpustakaan di daerahku. Segala buku, biografi, komik, majalah dan novel silat (aku paling suka cerita Wiro Sableng-nya Bastian Tito atau bapaknya Vino G Sebastian. Makanya kalau ada yang nanya aku fansnya Vino, aku jawab aku justru ngefans berat sama almarhum bapaknya) habis kulahap dengan cepat. Bahkan kebiasaan menjadi anggota perpustakaan atau taman bacaan ini masih terus kupelihara meskipun aku sudah merantau kemana-mana. Di Padang, Payakumbuh, Jakarta, Pekanbaru. Setiap tempat yang baru ku datangi, tempat membaca atau perpustakaan adalah hal pertama yang aku cari dan tandai.

Kesukaanku membaca ini diturunkan oleh kedua orang tuaku. Tapi kecepatan membacaku tidak. Aku bisa membaca dengan cepat karena terbiasa penasaran dan tidak tahan bila tidak segera menamatkan bacaan yang sedang kupegang. Lalu Papaku (Almarhum Jon Anwar S) memotivasiku untuk mulai menulis. Kata bokap, tidak semua orang bisa menulis. Tidak semua orang dilahirkan dengan bakat seperti itu. Tapi bakat hanya 2 % saja, selebihnya adalah kerja keras, latihan terus menerus dan tekad yang kuat. Dan bokap bilang menulis adalah cara kita bercerita dan meninggalkan jejak di dunia ini dengan lebih abadi. Saat itu aku pikir ini adalah ide yang romantis. Contohnya seperti membaca Romeo dan Juliet di abad 21, indah bukan? Dan tak lekang dimakan waktu. Mengerti maksudku?

Aku mulai menulis. Tapi tidak pernah selesai. Dan tidak fokus. Terus menulis walaupun tidak pernah dipublikasikan. Bahkan tidak pernah ada yang membaca karyaku. Aku tidak peduli. Karena aku benar-benar menyukai kegiatan ini. Aku menyukai menulis seperti aku juga sangat mencintai membaca. Kedua hal tersebut, bagiku tak dapat dipisahkan.

Ternyata kebiasaanku ini berpengaruh loh, ke cara aku memandang lawan jenis. Aku suka dengan pria yang juga punya selera yang sama sepertiku. Suka membaca dan menulis. Karena bagiku pria yang suka membaca dimataku seksi, ia pasti punya banyak pengetahuan. Dan pria yang pintar menulis, pasti juga suka membaca. Lebih seksi lagi karena jelas pintar dan berpengetahuan luas. That’s way I love the smart man. Apalagi kalau udah pintar ditambah lucu walau mukanya nggak cakep, the sexiest man alive buatku. Haha!

Hmm, saat ini aku baru beberapa bulan menulis diblog. Sudah hampir seratus postingan yang aku tulis. Isinya beragam, dan masih ‘pemula’ sekali sehingga terkadang aku malu membacanya. Tapi aku tetap akan menulis. Memperbaiki lagi. Berusaha keras. Dan kelak aku bisa menulis novel yang diterbitkan di Gramedia Pustaka, Bukene atau Gagasmedia. Amin. Amin. Amin. Aku sungguh-sungguh berharap bisa.

2 thoughts on “Passion-ku pada Kata dan Seleraku Terhadap Pria

Leave a Reply

