5 Tips Jomblo Buat Move-On

Like I said before, cinta itu persoalan sederhana. Tentang dua orang yang bersama dan ingin bahagia. Tapi ketika sebuah hubungan lagi bisa diteruskan, apabila salah satu pihak sudah berubah. Tidak lagi punya perasaan yang sama. Sudah saatnya untuk mengakhirinya sampai disini. Memang pasti tidak mudah untuk melakukannya dan sulit untuk memulai kembali. Tapi sesuatu yang sulit, bukan berarti tak mungkin loh.
Well, here they are! 5 hal yang harus dilakukan supaya bisa Move-on dengan cepat.

1. Putus Jalur Komunikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutus semua komunikasi dengan mantan. Dan tidak menghubunginya dengan cara apapun. Bukan berarti dengan mantan tidak boleh punya hubungan baik setelah tidak bersama lagi. Tapi untuk sementara waktu, sebelum hati dan pikiranmu stabil dan tak tergoyahkan sebaiknya tidak usahlah berkomunikasi dengan mantan. Karena akan sulit untuk melepaskannya dan merelakan dia, kalau masih intens berinteraksi.

Berikan perasaan dan pikiranmu waktu untuk bisa berpikir ulang tentang semuanya lagi dari awal. Kesempatan memperbarui semangat dan tujuan kamu untuk lebih baik dikemudian hari, yang akan datang.
Dan setelah kamu ikhlas melepaskannya, kelak kamu pasti bisa bangkit lagi dan menemukan seseorang yang tepat untukmu.

2. Jauhkan Semua Barang Kenangan

Hal kedua yang harus langsung dilakukan setelah putus adalah mengumpulkan semua barang dan benda yang sangat mengingatkan kita pada mantan kekasih. Dan membuangnya atau paling tidak, menjauhkannya dahulu dari pandangan kamu. Karena benda-benda ini jelas akan mengingatkan kamu pada dia. Dan akan menggoda kamu untuk mencoba menghubungi dia lagi, yang pada akhirnya menggagalkan misi kamu dalam melupakan sang mantan. Jelas ini tidak baik, kalau hubungan kalian memang sudah tak dapat diselamatkan lagi. See, sebaiknya kamu menyelamatkan apa yang tersisa dari dirimu dahulu sebelum memikirkan untuk punya hubungan baik dengan mantan. Hatimu, itu yang terpenting saat ini.

3. Jangan bertemu mantan

Setelah tidak berkomunikasi, dan membuang barang-barang kenangan. Sebaiknya kamu juga jangan bertemu dahulu dengan mantan kekasih. Mengapa? Karena dengan bertemu dia lagi semua pertahanan yang sudah kamu bangun akan hancur lagi. Melihat dia secara langsung, mendengar suaranya dan berinteraksi dengannya lagi tentu saja bukan hal yang mudah. Akan menyakitkan kamu dan kembali kekeadaan seperti diawal perpisahan. Hancur. Kacau. Menyedihkan. Dan lain-lainnya. Atau malah berharap bisa kembali padanya, bersama lagi.

Nanti setelah keadaan jauh lebih baik, saat hatimu sudah tenang dan isi kepalamu sudah kembali rasional. Kamu bisa bertemu dengannya dengan bermartabat dan melihatnya sebagai teman lama yang tidak mengganggu hati dan pikiran kamu lagi.

Memang selalu butuh waktu dalam menyembuhkan luka hati. Tidak ada yang tahu berapa lama. Tapi setidaknya lakukan sampai kamu kuat untuk bertemu dengannya lagi. Baik sengaja ataupun tidak. Karena untuk tidak bertemu mantan lagi seumur hidup adalah hal mustahil jika kalian memiliki lingkungan dan teman yang sama. Dan tidak ada salahnya bertemu jika keadaanmu sudah membaik.

4. Tidak Pergi ke Tempat Kenangan

Dengan berakhirnya sebuah hubungan, tidak langsung dapat menghapus semua memori tentang kalian. Semua kenangan masih dapat menimbulkan berbagai perasaan berbeda di hatimu. Alangkah baiknya jika tidak mengingat-ingat kenangan dengan mendatangi tempat-tempat dimana kalian sering bercengkrama, bermanja-manja dan berkencan. Hal ini jelas tidak akan membantumu melupakan mantan. Tetapi menyiksamu dengan kenangan, sangat mungkin.

Hal terbaik yang dapat kau lakukan disaat kau ingin menyerah melupakan mantan adalah dengan mengingat semua kesalahan, keburukan dan kesakitan yang telah diakibatkannya. Dan berjanji tidak ingin merasakannya lagi. Ingatkan dirimu perpisahan ini adalah hal terbaik yang harus kalian berdua lakukan. Demi kebaikan masing-masing dan masa depan kalian dengan yang lain. Tidak berjodoh itu adalah mutlak, meskipun seberapa keras kalian mencoba tidak akan pernah berhasil. Karena jodoh memang urusannya Tuhan. Dan kita hanya bisa menerima keputusannya.

5. Buka Hati untuk Kesempatan Baru

Setelah belajar untuk melepaskannya, jangan menutup kesempatan baru yang mungkin akan datang dalam hidupmu. Karena kita nggak pernah tahu rahasia Tuhan, maka setiap kesempatan adalah berharga.

Patah hati bukanlah akhir dari segalanya. Mungkin justru merupakan awal dari kisah lain yang lebih indah dan bertahan lama. Maka sambutlah kesempatan baru dengan pikiran dan hati terbuka. Hal-hal yang akan datang mungkin akan jauh lebih baik dari pada yang pernah hilang. Jadi tetaplah berpikiran positif dan lebih banyak berbahagialah terhadap dirimu sendiri.

One thought on “5 Tips Jomblo Buat Move-On

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s