Hargai Hidup, Hargai Sehat

Kau tidak akan pernah tahu apa yang terjadi 5 menit kemudian, maka selalulah bersiap terhadap keadaan apapun.

Sekitar jam 8 malam tadi, adik lelakiku yang nomor dua kecelakaan. Kakinya entah bagaimana bisa, tulang jempolnya patah dan luka sobek yang sangat lebar. Jadilah aku menemaninya selama pertolongan pertama hingga penjahitan luka. Bukan suatu pemandangan yang menyenangkan untuk dilihat. Mengingat aku benci bau amis darah.

Kejadian ini tentu saja sedikit banyak membuat keluargaku agak terkejut. Dan aku pribadi memang menyadari kalau adik lelakiku, si J emang selalu grasa-grusu kalau naik motor. Jadi nggak begitu kaget kalau sampai terjadi kejadian seperti ini. Si J ini juga sudah beberapa kali mengalami kecelakaan tapi baru kali ini yang parah. Kalau sikapnya dalam berkendara masih tetap selenge’an, aku yakin kejadian seperti ini akan terjadi lagi di masa depan.

Apa ya hikmah yang bisa kupetik dari kejadian ini? Pertama aku masih bisa bersyukur. Adikku setidaknya masih selamat dan hanya patah tulang jempol kakinya. Yah, walaupun motor yang dinaikinya hancur dan biaya rumah sakitnya aku pikir bakal mahal (sepertinya nggak etis ya ngomong soal duit disaat seperti ini. Tapi hal ini memang pentingloh, apalagi bila saat ini kamu sama sekali nggak megang uang. Belum lagi nanti saat memperbaiki motor yang rusak. Realistis dikit, bolehkan? He3x).

Kedua, hal ini membuatku lebih menghargai hidup yang sehat. Kesehatan itu memang yang paling penting, saudara-saudara. Diatas segalanya. Karena sangat kaya sekalipun tapi penyakitan, adalah hal percuma. Pasti nggak bisa menikmati segala hal yang bisa dibeli dengan uangnya dan bersenang-senang. Apalagi miskin dan penyakitan. Walah, lebih menyedihkan lagi. Mau berobat untuk sembuhpun akan lebih sulit lagi. That’s way, aku bilang sehat itu adalah pilihan terbijak yang diambil seseorang terlepas dia kaya atau miskin. Dengan sehat, ia bisa melakukan apa saja untuk memperbaiki hidupnya atau mengejar impiannya sekalipun. Aku benar tidak?

Ketiga, kita tidak pernah tahu hal baik atau hal buruk akan menimpa kita. Tapi kita memang harus selalu bersiap dengan hal apapun yang akan datang pada kita. Bagaimana cara kita bersiap? Dengan bersikap tawakal, tabah dan ikhlas menerima apapun yang diberikan Tuhan pada kita. Toh, kita mau berbuat apalagi? Mau ngamuk, nggak terima dan guling-guling di lantai juga kalau udah takdirnya Tuhan nggak bakalan bisa dihindari. Percayalah, sudah banyak film time travel yang menjelaskan hal ini. Takdir selalu bisa datang dengan cara apapun. Ini skenario Tuhan, tentu saja tidak ada celanya.

Keempat, setiap cobaan yang datang jangan dianggap sebagai ‘Rahasia Ilahi’ (ingat tayangan film ditelevisi? dimana ceritanya selalu tentang orang yang berlaku jahat dan pada akhirnya mendapat ganjaran dari Alloh dengan cara-cara yang tidak menyenangkan) atau hukuman dari Tuhan karena dosa-dosamu. Coba berpikir positif, dimana cobaan ini bayangkan saja sebagai tantangan untuk melihat sampai dimana batas kekuatanmu sebagai seorang manusia. Sanggupkah kamu melewati semua kesakitan ini dan kembali menjadi pribadi yang mengagumkan dimasa depan. Menarik bukan?

Kelima, Tuhan itu maha segalanya maka memintalah, mengadulah dan menyembahlah hanya padanya. Ia mengetahui apa-apa yang ada dihatimu. Bahkan hanya Dirinyalah yang lebih mengenal tiap sel yang ada di tubuhmu dibandingkan dirimu sendiri. Jadi bagaimana mungkin kita merasa hebat dengan keberadaan kita yang bahkan bukan apa-apa ini.
Hidup itu berharga, sangat berharga. Karena dengan hidup kita bisa melakukan apa saja, hal-hal baik dan jahat. Tapi kalau mati, semuanya sudah berakhir dan tak ada yang dapat dilakukan lagi oleh orang yang sudah mati. Maka hargailah hidup. Hargailah sehat. Jangan sia-siakan dengan melakukan hal-hal tidak berguna dan membuat dosa. Karena hidup ini bukanlah segalanya, dan tidak berakhir disini saja.

Well, demikian 5 hal yang dapat kupetik sebagai pelajaran hari ini. Tidak ada yang tidak berhargaloh kalau kau mau membuka pikiranmu dan selalu melihat dengan positif. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s