Love Yourself Before You Love Someone

Cinta itu ibarat api yang membakar semangat kita disaat-saat sulit. Doa bagi jiwa-jiwa kesepian dan layu. Dan penyembuh bagi hati-hati yang hampir binasa.

Sayangnya terkadang kita lupa cara mencintai diri kita sendiri, sebelum akhirnya kita dicintai orang lain. Sehingga arti cinta yang sejati menjadi rancu dalam benak kita. Kita tak lagi bisa membedakan dicintai, mencintai atau menjadi korban dari kompromi perasaan yang takut sendirian atau ditinggalkan.

Bagaimana kita bisa membalas perasaan orang lain dengan tulus, kalau kita bahkan tidak mencintai diri kita terlebih dahulu. Menghargai diri kita sendiri. Omong kosong soal cinta kalau kamu mengalah dan menelan semua kekecewaan dari pasangan kamu, yang kamu sebut pengorbanan. Kamulah yang menjadi korban disini, dikorbankan. Menjadi tumbal untuk kebahagiaan orang lain. Apa ada manfaat baiknya? Aku tidak yakin.

Sebuah hubungan itu harus seimbang. Tidak selalu memberi tapi tak juga harus selalu menerima. Saling mengisi, mengimbangi dan melengkapi. Setiap orang yang pernah jatuh cinta, pasti mengerti bagaimana menggambarkan sebuah hubungan ideal bagi masing-masing individu. Karena tiap orang mempunyai ekspektasi berbeda. Tapi tak setiap orang bisa mendapatkan yang sesuai dengan harapannya. Untuk alasan-alasan yang tidak kita ketahui, percayalah Tuhan tak pernah salah memilihkan kita. Aku benar tidak?

Dengan mencintai diri kita terlebih dahulu, menghargai diri kita artinya kita telah menerima diri kita seutuhnya. Baik serta buruknya. Dan orang yang mencintai dirinya, menghargai dirinya dengan pantas pasti tahu bagaimana caranya menghargai orang lain. Karena ia akan melihat setiap orang sama berharganya dengan dirinya. Maka ia akan memperlakukan mereka dengan sepatutnya.

Jadi kawan, mulailah menerima dirimu sendiri seutuhnya. Barulah kau bisa mencintai orang lain dengan sepantasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s