Jomblo dan Jodoh

Apa keberlangsungan masa depan umat manusia di dunia ini, terletak di aku menikah atau tidak? Jelas tidak.
Apa kalau aku punya pacar atau tidak, dunia berhenti berputar dan orang-orang pada mati bunuh diri karena depresi? Tentu tidak. Bumi akan tetap berputar tanpa peduli aku mau apa. Dan Ya, orang bunuh diri atau tidak sama sekali nggak ada hubungannya denganku.
Apa nasib peradaban manusia tergantung kalau aku menemukan pasangan hidup atau menjadi perawan tua yang sinis seperti para dosen wanita uzur dan single yang suka menyulitkan mahasiswa tingkat akhir? Hell yeah, enggaklah. Peradaban akan hancur dengan sendirinya kalau manusia nggak menjaganya. Dan aku bisa memilih akan jadi wanita seperti apa aku nanti, menikah atau tidak. Nggak ada hubungannya dengan dunia, orang lain ataupun apapun.

Ada apasih dengan orang-orang ini? Yang selalu menempatkan aku dalam posisi bersalah, tersudut dan harus bertanggung jawab terhadap urusan jodoh yang belum datang juga. Memang ini mauku apa? Memangnya aku yang nunda-nunda? Memangnya aku yang harus nerima siapa aja yang datang tanpa bisa milih?

Apa tidak punya pacar/pasangan pada saat ini membuat aku cacat dimatamu? Kalau memang begitu aku dan jomblo adalah kaum cacat. Dan apakah semua orang yg punya pacar/pasangan juga nggak pernah jadi jomblo yang cacat? Berarti kamu juga pernah cacat seperti diriku dan jomblo yg lain. Jadi Why so serious? Kamu cuma lagi beruntung saat ini punya pacar atau pasangan. Well, kalau nggak punya pacar atau pasangan dibilang suatu kelemahan, yeah aku lemah. Tapi selemah-lemahnya aku, secacat-cacatnya aku masih bisa nikmati jadi diri aku sendiri dengan segala keberadaanku adalah prestasi yang nggak semua orang bisa miliki. Kamu bisa jadi aku nggak? Jadi seperti diriku yang bisa ngebahas masalah jomblo dan jodoh sambil ngupil atau b*ker tanpa terganggu. I don’t think so.

Helooooow! Berhenti deh ngebully jomblo kayak kamu nggak pernah ngerasainnya. Berhenti becandain jomblo seolah-olah kamu nggak pernah berada di posisinya. Jadi jomblo itu nggak mudah loh. Udah harus menanggung tekanan berat ditambah lagi dijadikan becandaan melulu sama orang-orang yang nggak peka. Coba kamu cari siapa di dunia ini yang tidak pernah tidak punya pasangan, pasti jawabannya nggak ada. Semua orang pasti pernah merasakan sendirian tapi nggak semua orang bisa dengan legowo dan nyantai aja dengan status jomblo atau tidak. Jadi tolong berhenti ngerecoki hidup mereka yang belum menemukan pasangannya. Dan kalau memang kamu punya banyak waktu dan tenaga, kenapa kamu nggak membantu mencarikan mereka pasangan saja. Dari pada ngebully mereka dengan lelucon kasar tentang jomblo.

Apa kamu pikir hidup orang lain itu lelucon? Apa kamu pikir hidup orang lain itu tidak berharga? Benar aku jomblo. Benar aku sudah 28 tahun. Lalu kenapa? Kamu berbicara seolah-olah peduli padahal yang kamu inginkan adalah aku menjadi gila. Marah. Dan histeris mungkin. Tapi sayangnya, aku nggak bisa memuaskan keinginan kamu sayang. Karena sejak aku memutuskan kebahagiaanku tidak tergantung pada seseorang dan sesuatu. Aku tetap akan bisa bahagia dengan atau tidak punya pasangan. Aku memilih untuk bahagia. Itu yang membedakannya. Dan apakah benar kalian yang punya pacar atau pasangan benar-benar sebahagia itu, sampai-sampai kalian nganggap jomblo itu payah tanpa ada rasa empati sedikitpun. Benarkah kalian sebahagia itu? Cuma kalian yang tahu.

One thought on “Jomblo dan Jodoh

  1. Hahaha.. yup u’r right! Been there done that too. Pergeseran makna dan pentingnya pe-label-an pada setiap individu, sayangnya yang membuat kebanyakkan orang tidak sadar. Sebetulnya semuanya : its only a matter of time🙂

    -salam kenal-

Leave a Reply

