Apa Itu Malam Minggu?

Buat jomblo menahun, karatan dan jamuran pasti sudah lupa sama yang namanya Malam Minggu. Dan seperti apa rasanya. Lah, wong lihat cicak pacaran aja udah sewot gimana kalo liat banyak pasangan yang lagi dimabuk cinta di depan mata? Pasti rasanya pengen ditabrak truck pasir dan mencelat sampai ke Ibiza, Spanyol. Wkwkwk.

Well, kebetulan waktunya tepat kita ngebahas Malam Minggu. Apasih malam minggu? Malam akhir pekan dimana besoknya kita libur, nggak sekolah dan nggak kerja. Jadi bisa santai, begadang sampai malem, nggak perlu takut bangun siang. Kebanyakan orang biasanya menghabiskan waktu malam akhir pekan ini dengan orang-orang yang disayang, seperti keluarga dan pacar (mungkin). Atau kumpul bareng dengan sahabat dan teman.

Jadi kesimpulannya pada malam ini akan banyak sekali pasangan kekasih yang akan berkeliaran di jalan-jalan, tempat-tempat umum, pusat perbelanjaan, bioskop, tempat hang out dan lain-lain. Dan nggak mau munafik, dulu aku juga pernah jadi bagian dari orang-orang seperti ini. Nongkrong bareng pacar dimalam minggu. Makan malam di rumah makan padang favorit. Nonton bioskop. Nemani dia main bilyard sama temannya. Atau karaokean bareng. Widiiiw, jadi senyum-senyum sendiri nih ngingatnya.

Dan sekarang malam minggu dimataku, super duper biasa aja. Kecuali jalanan yang semakin rame dengan orang-orang yang hilir mudik. Kayaknya kalau malam minggu semua orang pada tumpah ke jalanan ya? Emang air banjir. Wkwkwk. Becanda.

Seperti apa rasanya malam minggu saat masih punya pacar? Jawabannya tergantung. Tergantung hubunganmu baik nggak sama pacarmu (kalau lagi berantem mah paling juga nggak diapeli). Dan saat ini pacarmu sedang ada dimana. Soalnya kalau LDR-an, sama aja kayak jomblo. Apalah artinya cinta kalau cuma bisa sepik-sepik doang (udah putusin aja, belum tentu dia disana setia). He3x.
Dan setelah jadi jomblo dan pengangguran, malam minggu ataupun malam-malam lainnya sama aja sih rasanya. Another day again, another misery. Haha, gloomy banget yah.

Sejujurnya tadi sore aku ketemu seorang teman sekolah (kami sekelas di SMP dan SMU), dan ia sedang bersama suami dan anaknya plus sedang hamil anak kedua atau ketiga mungkin. Dia sudah tak secantik dan langsing seperti dulu. Wow, kalau dibandingin aku mungkin beda yah. Secara akukan belum menikah jadi masih bisa jaga badan supaya nggak melar, yah! meskipun siapasih orang yang bisa melawan proses penuaan. Tapi bodohnya setelah melihat teman yang seperti itu, aku pikir walau dia sudah tak seperti dulu. Mungkin saat ini dia bahagia dengan suami dan anaknya juga kehidupan yang dipunyainya. Sedangkan aku, entah mengapa belum juga bisa berpikir ingin seperti dia atau berada diposisi dia. Apa aku aneh? Fiuuh, nggak tahu deh. Punya keluarga, bayi dan jadi ibu rumah tangga sepertinya bukan hal yang paling kuinginkan saat ini. Belum pernah kubayangkan diriku seperti itu. Mungkin karena belum ketemu calon yang bisa membuatku mau menyeretnya ke depan penghulu. Mungkin saja. Wkwkwk. Wish me luck, please.

By the way, malam minggu atau tidak. Apapun itu, seharusnya menjadi suatu momen yang tidak sia-sia. Menghabiskan waktu untuk dugem, mabuk-mabukan atau lovey dovey dengan pacar di kosan atau hotel, mungkin. Ow yeah, aku tahu kehidupan seperti ini, sudah banyak melihat yang seperti itu. Dan sama sekali bukan hal keren buat dibanggain ke anak cucu nantinya, apalagi ke Tuhan. So, don’t do that. Karena ujung-ujungnya seberapa jahatnya kamu saat ini, seliar dan sebebas apapun suatu saat kamu akan dewasa. Bijaksana. Bertanggung jawab dan menyesali apapun yang yang hal bodoh pernah kamu lakukan di masa mudamu.

Masa muda datang hanya sekali, dan kamu pasti tidak ingin menjadikannya kenangan buruk yang menghantui seumur hidupkan? Seperti punya anak diluar nikah. Terkena HIV atau penyakit kelamin lainnya. Malam minggu hanya malam biasa, sama seperti malam lainnya. Lebih baik diisi dengan hal-hal baik yang membangun jiwa kamu. Yang mungkin akan berguna 5 atau 10 tahun mendatang buat kamu. Atau menghabiskannya dengan orang-orang yang menyayangimu, siapa yang tahu berapa lama lagi kamu bisa membalas kasih sayang mereka. Apapun itu, Selamat Sabtu Malam!
(ysl).

2 thoughts on “Apa Itu Malam Minggu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s