Seseorang yang Sampai Akhir Genggaman Tangannya Takkan Kulepas

Dear, Mantan Kekasih.
Kesendirian ini bukan karena aku tak menemukan yang lebih baik darimu.
Aku hanya lelah dengan percintaan kita terdahulu, mabuknya belum sepenuhnya hilang hingga membuatku tak lagi penuh gejolak hormon.
Aku kini sedang menyembuhkan luka, menjahit tepian lara dan memperbaiki keadaanku.

Yakinlah, kesendirian ini bukanlah momok bagiku.
Ia banyak mengajarkan kesabaran.
Bahwa aku harus mencintai diriku dengan seutuhnya sebelum pada akhirnya membagikannya pada orang lain.
Karena bagaimana bisa kau mencintai seseorang begitu dalam, jika yang kau lakukan hanya melukai dan melukai dirimu sendiri. Seolah dirimu tak berharga.
Kalau dirimu tidak kau hargai, apa yang bisa kau berikan pada seseorang yang kau puja?
Sampah? Sisa?

Dear Mantan Kekasih.
Kudengar, kau telah bahagia.
Mapan dan berkeluarga.
Selamat.
Kau sudah menemukan seseorang dan hidup bersamanya.
Aku belum.
Dan dalam waktu dekat ini, juga belum berencana.
Tapi aku tak tahu rencana Tuhan.
Siapa yang bisa menebaknya, bila sudah KUN FA YAKUN.

Jangan merasa bersalah, bukan karenamu.
Sungguh, tak ada hubungannya denganmu.
Ini semua pilihanku, hidupku dan keputusanku.
Jatuh cinta, menemukan seseorang dan memutuskan hidup bersamanya, bukan perkara mudah bagiku.
Dan tak ada atau belum ada orang ‘gila’ yang membuat ‘kegilaan’ dan ‘tergilai’ karenaku.

Aku tak butuh cinta yang menggebu-gebu, panas membara dan menghisap semua energimu.
Cukup bagiku hanya dengan melihatnya, berada disisinya dan mengenggam tangannya, membuatku bisa tetap tersenyum. Bersyukur.
Kurasa, aku bisa hidup dengan itu, sampai akhir.

One thought on “Seseorang yang Sampai Akhir Genggaman Tangannya Takkan Kulepas

Leave a Reply

