Tuhan Menyayangimu Dengan Memberikan Rasa Malu

Pesta pertunangan megah dengan biaya ratusan juta rupiah, sudah digelar di hotel mewah. Ratusan tamu diundang dan datang memeriahkan, bahkan masuk berita artis di TV. And then, beberapa hari kemudian konferensi pers kalau pertunangan dibatalkan. Karena ternyata si mantan tunangan adalah penipu kelas kakap.

Hell yeah! Pada lihatkan berita artis dangdut Z, yang lagi anget-angetnya di TV. Setelah berita pesta pertunangan mewahnya, bermunculan beberapa artis dangdut juga yang mengaku ‘begini-begitu’ dengan calon suaminya. Dan yang paling mengagetkan adalah saat si V alis H dicokok polisi karena kasus pemalsuan surat tanah. And still, dia (V) masih berusaha ngibulin wartawan kalau berita itu bohong (http://m.okezone.com/read/2013/09/06/33/862094).

Ada dua tipe orang yang nggak jujur di dunia ini, menurutku :

1. Pembohong.
Adalah tipe orang yang tidak berkata jujur dengan kesadaran penuh demi sesuatu hal yang ingin dicapainya.

2. Penipu.
Adalah tipe orang yang dengan sengaja tidak berkata jujur untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri tanpa memperdulikan kerugian orang lain, yang telah dibodohinya.
Keduanya sama-sama tak bisa dipercaya namun yang lebih parah adalah penipu. Karena ia memang sengaja berbohong dan mengambil keuntungan dari situ. Dan tipe yang seperti ini tak termaafkan.

Sulit sekali bisa mempercayai orang yang suka berbohong apalagi yang memang sudah sampai pada level penipu. Ingat cerita anak gembala dan serigala? Singkatnya begini seorang anak gembala yang sangat iseng. Ia suka sekali berteriak memanggil penduduk kampung, kalau domba-domba gembalanya diserang serigala. Saat penduduk datang dan ingin menolongnya, ia tertawa terbahak-bahak karena hal itu bohong. Namun suatu hari serigala benar datang dan memangsa semua hewan gembalanya, ia berteriak-teriak minta tolong. Tapi penduduk desa mengacuhkannya karena kebohongannya selama ini.

Ada poin yang sama dari kedua cerita berbeda diatas, yaitu : kepercayaan itu mahal harganya. Dan kalau kepercayaan orang terhadap kita sudah rusak, bahkan disaat kita benar-benar jujur dan mengatakan hal yang sebenarnya orang tidak akan mau lagi mempercayai kita. Sakitkan? Saat kita bohong orang percaya malah saat sudah jujur kita tak diberi kepercayaan lagi. Tentu saja membangun kepercayaan orang lagi pada diri kita akan sulit, sedangkan orang yang benar-benar lurus saja tak mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Lah, Tuhan aja yang segitu baiknya, ada aja yang nggak suka. Apalagi manusia biasa, ya nggak?

Menurutku, langkah yang diambil si artis Z sudah tepat. Mencampakkan pria yang model seperti ini adalah hal terbaik yang bisa ia lakukan. Hubungan seperti apa yang diharapkannya dimasa depan kalau dari awal sang pria dan keluarganya sudah menipunya, dengan statusnya yang ternyata sudah menikah dan punya anak. Belum lagi ternyata ia tersandung jeratan hukum karena pekerjaannya yang tipu sana tipu sini. Nggak kebayang bagaimana keadaannya setelah menikah, siartis yang nggak tahu apa-apa bisa saja keseret masalah hukum karena punya suami yang seperti itu.

Lebih baik malu saat ini karena bisa-bisanya ketipu sama lelaki yang ngakunya hebat dan hampir menikah. Daripada beneran sampai menikah dengan begajulan yang kerjanya merugikan orang lain.
Lebih baik dikatain ‘Bego’ sama orang se-Indonesia gegara kasusnya mencuat dan jadi perhatian publik umum. Daripada diterusin menikah dan ternyata malah semakin merusak diri, yang ujung-ujungnya berakhir juga dengan tidak baik (cerai mungkin).
Lebih baik rugi uang jutaan, nama baik yang sedikit tercoreng dan jadi bahan tertawaan untuk saat ini, daripada nyesal dikemudian hari. Setidaknya ini jadi pelajaran supaya kedepannya lebih berhati-hati dengan hubungan selanjutnya.

So, Z Don’t worry Girl. Hidup jalan terus dan kamu hanya perlu melangkah ke depan. Nggak usah perdulikan apa yang terjadi hari ini, tapi pegang erat pelajaran yang bisa kamu petik dari kejadian ini. Kamu pasti bisa, keep moving forward. Tuhan sangat menyayangimu makanya membuka kedok silelaki palsu itu sebelum semuanya menjadi sia-sia. Bersyukurlah semua masalah ini datang disaat yang tepat. Kamu nggak rugi apapun kok, kehilangan laki-laki yang sok intelek padahal malah keliatan bodohnya. Tetap bersemangat sayang dan kamu berhak untuk mendapatkan yang jauh lebih baik darinya. Oke?

3 thoughts on “Tuhan Menyayangimu Dengan Memberikan Rasa Malu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s