16 Kebiasaan Unik Kucing dan Penjelasannya Secara Ilmiah

Suka kucing? Tahu kenapa kucing selalu mengubur kotorannya? Atau menggosok-gosokkan badannya ke kaki kita? Ternyata semua hal tersebut mempunyai alasan secara ilmiah loh. So, here there are, 16 kebiasaan unik kucing serta penjelasannya berdasarkan evolusi kucing oleh FR (Ssst! Orangnya pemalu jadi minta namanya dibikin inisial aja).

(1) Mengapa kucing mengeong pada
sesama kucing?
Kucing mengeong sebagai sinyal sosial
kepada sesama kucing. Sinyal sosial ini
bisa berupa pertanda kalau ia butuh
bantuan, merasa senang, atau merasa puas.

(2) Mengapa kucing tidur melulu?
Kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge tubuhnya untuk berburu. Ketika berburu, kucing
menggunakan energi secara mendadak, besar-besaran, dan cepat agar dapat menangkap buruan secara efisien.

(3) Mengapa kucing membawa binatang mati ke rumah?
Itu pertanda kucing tersebut menganggap pemilik rumah tidak kompeten dalam berburu. Ia menunjukkan kemampuannya berburu dan mencoba mengajarkan pada “majikannya” cara mencari makan yang
benar. Namun karena sang “majikan”
tidak pandai berburu, sang kucing membawakannya makanan.

(4) Mengapa kucing mengubur makanan?
Sebagai persediaan makanan. Seperti
halnya anjing, ketika kenyang namun masih ada makanan, kucing akan menguburnya agar tidak diambil hewan lain.

(5) Mengapa kucing mengubur kotorannya dan pipis di daerah tertentu?
Hanya kucing inferior yang mengubur
kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat
hewan alpha dan inferior. Hewan alpha adalah penguasa teritorial karena kekuatannya atau kualitas fisik lainnya. Hewan inferior tidak boleh berperilaku seperti hewan alpha karena berarti menantang duel hewan alpha. Kucing alpha boleh membuang kotoran sembarangan tanpa mengubur. Kucing alpha boleh pipis sembarangan. Baik membuang kotoran maupun pipis adalah tanda bahwa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya.
Sedangkan kucing inferior yang membuang kotoran di wilayah tersebut harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh alpha. Ia juga harus pipis di wilayah khusus yang diperbolehkan oleh sang alpha. Jadi, jika kucing anda mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang itu-itu melulu, kucing anda bukan kucing jagoan.

(6) Mengapa kucing marah pada orang
yang tidak dikenal?
Itu tanda dominasi. Kucing menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Tindakan menatap matanya langsung adalah tanda konflik dan kucing dapat marah walaupun tatapan itu sebentar. Orang asing
yang baunya tidak dikenal kucing harus menghindari kontak mata agar tidak memberi sinyal konflik.

(7) Mengapa kucing berdesis pada burung?
Itu tanda kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap sang burung sebagai mangsa sehingga menunjukkan kekesalannya dengan berdesis.

(8) Mengapa kucing memukul lembut
dengan kaki depan?
Itu tanda kenyamanan. Kucing memukul lembut pada tubuh anda yang dikiranya payudara ibunya. Sang ibu adalah tempat bernaung dan berlindung bagi sang anak kucing. Dengan memukul lembut payudara
ibunya, sang kucing dapat menghisap asi sang ibu. Ini menjelaskan mengapa kucing yang manja umumnya kucing yang masih kecil.

(9) Mengapa kucing memakan rumput?
Kucing memakan rumput sebagai lalapan. Walaupun karnivora, kucing membutuhkan juga protein nabati untuk kelancaran pencernaannya.

(10) Mengapa kucing menggaruk dinding?
Menajamkan kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat.

(11) Mengapa kucing bersalto?
Hal ini dilakukan untuk memperoleh sudut terbaik untuk mencengkeram mangsa sehingga mangsa efektif tertangkap. Lemparkan gulungan kertas, ia juga akan bersalto.

(12) Mengapa kucing memainkan
mangsanya sebelum dibunuh?
Bagi kucing rumahan, mendapat mangsa adalah peristiwa langka. Kucing dapat saja menggigit langsung sehingga mangsanya efektif mati, tetapi hal ini tidak dilakukan. Ia ingin bersenang-senang dan menikmati
momen dimana ia memperoleh mangsanya. Bagi ibu kucing, sering ia tidak membunuh sang mangsa, tetapi membawanya hidup-hidup untuk membagi kegembiraan dengan anak-anaknya.

(13) Mengapa kucing mendesis ketika
marah?
Ini disebut mimikri ular. Kucing sedang
meniru ular karena bagi sang kucing, ular adalah hewan berbahaya. Ia punya taring seperti kucing, tetapi punya bisa. Kucing tidak punya bisa, tetapi dengan meniru desis ular, ia berharap lawannya mengira kalau ia juga punya bisa yang mematikan. Biasanya kucing mengarahkan telinganya menjadi datar ketika mendesis, tebak untuk apa, untuk meniru kobra.

(14) Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya pada kaki atau benda?
Sama seperti pipis dan membuang kotoran bagi kucing alpha, kucing menggosokkan dirinya pada benda sebagai tanda benda tersebut adalah miliknya. Kucing memiliki feromon dan feromon alias bau khas ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing lain tidak akan berani menggosokkan tubuhnya kecuali ia berani mengambil resiko konflik agraria. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki anda, itu tandanya ia merasa anda adalah miliknya.

(15) Mengapa kucing mengeong pada
manusia?
Beda dengan sesama kucing yang
menandakan sosialisasi, kucing mengeong pada manusia, terutama saat lapar, adalah berusaha menipu manusia. Ia mencoba meniru suara bayi agar dikira bayi oleh majikannya sehingga ia mendapatkan perhatian pula dari sang majikan layaknya perhatian yang diberikan sang manusia kepada anaknya.

(16) Mengapa kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang?
Kucing punya kelenjar yang terangsang
ketika mereka menyentuhkan bulunya.
Itulah feromon atau bau khas kucing
sebagai penanda individu. Manusia juga punya bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau sang kucing sendiri. Sang kucing tidak terima ini dan segera menjilati bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, ia akan segera lari dan membasuh dirinya.

Bagaimana, ternyata kucing sangat menarik yah? Makanya banyak orang yang suka memelihara kucing. Lalu siapa FR? Hanya seorang pecinta kucing yang kebetulan adalah temanku. Ia membuat artikel ini dengan setelah membaca banyak artikel menarik tentang kucing di internet, dan merangkumnya menjadi sebuah tulisan yang menarik. Lalu ia memintaku untuk memposting tulisan ini diblogku. Karena menarik dan bermanfaat, tentu saja aku tidak keberatan. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Have a good time, guys!

34 thoughts on “16 Kebiasaan Unik Kucing dan Penjelasannya Secara Ilmiah

  1. kenapa kucing saya galak yah? kalo mau ngelus dikit, dikiranya tangan saya mainan, langsung di pukul dan dia berusaha menggigit… gigitnya gigit sayang sih, tapi tetep aja sebenernya sakit… :))))))

    • Kucing kamu cuma pengen main sama kamu,
      Yaa bahwasanya kucing biasa main sama sodaranya sesama kucing. Mereka nggak keberatan digigit, dicakar, karena km dianggap keluarganya mungkin si kucing jadi bermain manja sama kamu…
      Tapi jangan main sama kucing alpha, gigitnya beneran.. Wkwkw

  2. gak ada efek apa” sih.. abis gak tega klo liat mukanya klo gak di kasih.. tp pas saya baca artikel ini udh gak pernah saya kasih lagi kok.. thanks infonya ya sist

  3. ada beberapa hal yg perlu diluruskan. Kucing cuma mengeong pada manusia. Kalau kucing mengeong pd sesamanya, hanya utk keperluan panggilan kawin, atau saling menantang berkelahi. Utk kucing yg baru punya anak, biasanya utk memanggil anak2nya.

  4. Kucing liar yg suka main ke rumah saya jadi jinak dan suka banget ngelus2 badannya di kaki saya, kemana2 jg saya selalu diikutin, sampe kadang susah buat masuk ke rumah, apa dia manja atau birahian yah?dia jg ada bekas bertarung yg dah kering apa gak apa ngelus bagian itu ya?

  5. Kucing saya anehnya suka makan makanan yang manis2. Mulai dari ice cream, coklat, mochi, cookies. Walaupun ga dikasih dia bakal nyari sumbernya trus dicolong gitu aja. Apa itu normal?

  6. Dulu saya punya kucing, waktu dielus-elus, dia suka menghisap baju sampai basah..Padahal kucingnya sudah besar, jangan-jangan kucingnya inget masa kecil ya?

  7. Hmm..untuk poin yg mendesis karena mimikri ular mnurut saya agak meragukan sebenernya..karna gak semua kucing pernah ketemu ular..apa lagi smpe niru2 cobra..kucing yg masih kecil yg kerjaanya d kardus doank juga bisa mendesis dan kupingnya k belakang..

  8. Dirumah sy kucing semua jadi 8ekor …..sy ga keberatan buat kasih makannya mereka pinter semua cz puf n pisnya toilet semua…hidup cat lover

  9. saya mau bertanya?? kucing ku sangat nakal, kalau keluar rumah pasti sukanya bertengkar.. kadang sama kucing tetangga.. sampai kucing tetangga bercucuran darah.. saya jdi di marahin sama tetangga.. kadang bertengkar sama kucing liar.. intinya kalau keluar rumah pasti bertengkar sama kucing lain. apakah itu normal??

  10. Kucingku yang hamil gak mau di pegang sama sekali😟,kucingku kenapa ya?😟dan bagaimana cara mengatasinya?😟,mohon doanya untuk kelancaran kelahirannya kucingku😉😉😉.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s