Meragukan Sejarah G30 S PKI versi Soeharto

Ada yang ingat tanggal 30 September hari apa? Yak, benar. Hari kesaktian Pancasila.

Setelah 30 tahun lebih Soeharto berkuasa dan tumbang. Saya pribadi kok jadi meragukan hubungan pengkhianatan Partai Komunis Indonesia dan penculikan serta pembunuhan para Jenderal saat itu. Benar para Jenderal dibunuh, tapi apa benar pelakunya PKI? Kemudian kenapa saat itu Soeharto yang hanya berpangkat Mayor Jenderal, malah mendapat kuasa sebagai pimpinan tertinggi? Toh masih ada Jenderal yang pangkatnya lebih tinggi dari dia. Tapi kenapa harus dia?
Belum lagi setelah ia berkuasa, Presiden Soekarno malah diasingkan dan dianggap terlibat dengan PKI, sampai kematian menjemputnya.

Padahal menurutku Soekarno tidak salah membiarkan PKI ada, toh PKI juga merupakan rakyat Indonesia. Bagian dari rakyatnya juga. Adalah hak azasi mereka untuk memiliki ideologi komunis, dan Soekarno tak bisa dan mau menghalangi rakyatnya.

Sejarah yang kita tahu selama bertahun-tahun ini, hanyalah sejarah versinya Soeharto. Sejarah yang disitirnya dan selalu dipropogandakan dengan pemutaran film G 30 S PKI secara berulang-ulang selama masa kekuasaanya. Dimana dirinya diperlihatkan sebagai pahlawan yang membawa kemenangan untuk rakyat Indonesia.

Tapi jujur, sejarah gelap ini masih banyak meninggalkan tanda tanya. Benarkah saat itu PKI berkhianat? Benarkah Soeharto mendapatkan kekuasaannya, bukan memaksa Presiden Soekarno yang sedang sakit? Dimana Surat Perintah Sebelas Maret yang asli yang menjadi alas dasar kekuasaan Soeharto saat itu?
Mengapa sepertinya terlihat bahwa Soeharto yang kudeta dan menyalahkan PKI, lalu dengan Supersemar(yang sampai kini surat aslinya tak pernah dapat ditunjukkan) menguasai Indonesia.

Yang nyata terjadi dalam masa pemerintahan Soeharto adalah hanya ada 3 partai yang diakui. Dan partai Golongan Karya merupakan partai negara. Dimana pemilu yang selama 32 tahun masa jabatan Soeharto adalah kepura-puraan saja. Formalitas, karena yang menang pasti Golkar. Gimana nggak menang, kalau seluruh PNS, Polisi, Tentara diwajibkan milih Golkar. Bahkan orang-orang yang menjadi karyawan perkebunan juga wajib memilih Golkar (ini kenyataan. Ayahnya temanku bekerja di perkebunan Nusantara IV dan mereka mengakui dipaksa memilih Golkar saat itu).

Soeharto memerintah dengan tangan besi. Siapa yang vokal dan berani mengkritik, siap-siap aja menghilang atau dicokok untuk dipenjara. Dan kebobrokan demokrasi Indonesia saat ini, adalah salah satu warisan dari bapak kita Soeharto. Jadi masih bisakah kita menganggapnya pahlawan?

Saya bukan membenci Pak Harto, saya hanya mau sejarah diluruskan agar generasi muda yang akan datang. Mengetahui sejarah Indonesia baik itu kelam atau tidak. Agar mereka bisa belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

5 thoughts on “Meragukan Sejarah G30 S PKI versi Soeharto

  1. pelaku g30s adalah soeharto dan anak buah nya. tujuan nya supaya ada alasan melenyapkan pki. krn pki sbg kambing hitam. sbnr nya soeharto bukan anti pki, tp dia diimig imigi amerika, akan dijadikan presiden kalau mampu menghancurkan pki.

  2. dalang g30s adalah soeharto dan sjam (pki gadungan). untung dan latief diperalat mrk utk membunuh jendral. sarwo edi, gatot subroto, tni, rakyat.. diperalat soeharto utk menumpas pki.

  3. menurut gw ini ulah USA yg mengadu domba antara PKI dg yg anti PKI. krn USA takut PKI akan menguasai indonesia, dijamin negara USA akan tamat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s