Respek pada Yang Mati #RIPPaulWalker

Sudahkah aku pernah bilang, bahwa aku penggemar film tentang balapan mobil macam Fast Furious? Owyeah, aku suka film ini seperti menyukai Harry Potter dan mengikutinya dari awal. Selain juga, aku memang suka dengan aktor Vin Diesel dan The Rock yang main difilm itu.

Tapi pagi ini ditimeline akun twitterku ramai berita kalau Paul Walker, salah seorang tokoh penting di FF meninggal kecelakaan. Awalnya kukira hoax, sayangnya dikonfirmasi benar oleh akun terferifikasi milik sang aktor @RealPaulWalker. Ternyata sang aktor memang benar kecelakaan dan meninggal. Beberapa situs berita online kemudian ramai membicarakannya, semakin membuatku yakin bahwa berita ini benar. “Kecelakaan, Bintang ‘Fast & Furious’ Paul Walker Meninggal Dunia http://t.co/9Oh2DDPack

Sayangnya dari berbagai komentar orang-orang yang kuikuti akunnya ditwitter, hanya ada sebuah akun dengan jumlah follower dua setengah juta orang, yang cuma bisa bilang ‘FF7 nggak seru dong” plus #RIP dan link gambar kejadian kecelakaan. Dan tweet tersebut dire-tweet sekitar ribuan orang followernya (parah ya?).

Ck, apa cuma aku followernya yang merasa “Man, ini soal mati loh. Bukan cuma sekedar doi itu bintang film dan mati tragis dalam kecelakaan. Dan elo cuma bisa bilang ‘FF7 nggak seru dong’. Seseorang mati, nggak bernafas lagi, nggak bisa hidup lagi. Dan seseorang ini punya keluarga, punya orang-orang yang mencintainya dan dicintainya. Dan hidupnya dia bukan hanya tentang film fast and furious.”

Aku speechless. Seseorang dengan pengikut sebanyak itu harusnya punya tanggung jawab moral terhadap orang-orang yang mengikutinya. Karena orang-orang akan memperhatikan dirinya, menjadikan dirinya sebagai acuan, dan tak selamanya orang-orang berkomentar positif. Jadi apa salahnya dengan menunjukkan respek yang lebih baik terhadap berita kematian (siapapun yang mati). Nggak sulit kok, sungguh.

Coba bayangin seandainya bokapmu adalah Paul Walker yang mati dan kamu dengar ada orang bilang gini “ck, Fast and Furious 7 nggak seru dong”. Gimana perasaan kamu? Well, kalau aku diposisi tersebut, aku nggak peduli dengan apa yang terjadi pada film itu. Siapa yang bisa peduli dengan itu, kalau kamu kehilangan orang yang kamu hormati dan cintai. Dan disaat keluarga yang sedang berduka ini, orang lain malah salah fokus ngomentari betapa tidak serunya film itu tanpa bokapmu, apa kamu tidak merasa pengen nonjok orang tersebut karena nggak punya perasaan menghargai duka bagi yang ditinggalkan?

Hidup ini gampang kok. Lapar ya makan, haus ya minum. Berbuat kebaikan dan jangan mengganggu orang lain. Lakukan perintah agama dan jauhi dosa. Dan satu lagi yang penting, tunjukkan respek pada yang mati. Dengan begitu baru kita layak disebut hidup.

Rest in Peace @RealPaulWalker, our love and respect always be with you. Selamat Jalan, dude. (Sedih euy, langsung kebayang beberapa film doi yang aku tonton).

2 thoughts on “Respek pada Yang Mati #RIPPaulWalker

  1. hai…. kalau boleh saran, gimana kalau judulnya diganti menjadi “Respek pada yang Meninggal” ? Karena jadi lebih halus dan manusiawi… Dan tulisan kamu bener dan ngena banget. Kita memang harus memanusiakan manusia kan? Kamu hebat!!🙂

    • Hai juga. Kamu orang kedua yang meminta kata ‘mati’ diubah menjadi ‘meninggal’. Dan saat memilih memakai kata ini dijudul, aku bahkan telah memiliki jawaban untuk pertanyaan seperti ini. He3x.

      Tetapi tanpa mengurangi rasa hormat dan terimakasih, aku akan tetap bertahan dengan judul ini. Bukan apa-apa. Karena kata ‘mati’ yang kugunakan tidak akan membuatku dan mereka yang membaca tulisan ini, kehilangan respek dan kesantunan dalam penuturan.

      Mati bukanlah kata yang kasar dan tak beradab. Tapi pembatasan pikiran kitalah yang menyekatnya menjadi tampak lebih cocok digunakan untuk sesuatu yang buruk.

      Dan terimakasih sekali lagi karena telah membaca dan komentar diblog ini. Silahkan berkunjung lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s