Question, What is Life

“Apaan nih?”, pasti pada mikir gitu ya setelah lihat gambar nggak jelas di atas. Jadi ceritanya nyokapku tercinta bongkar-bongkar arsip peninggalan Papa. Bokap punya hobi surat-suratan sama Nyokap dan teman-temannya. Maklumlah merekakan generasi muda tahun 80an. Pas jaman itukan internet belum secanggih dan semudah sekarang. Lalu ketemulah sepotong kartu pos yang dikirim pada tanggal 1 Desember 1992 oleh Aswin F. Warouw untuk Jon Anwar Simanjuntak. Berisi ucapan selamat ulang tahun, untuk Papa yang jatuh tanggal 1 Januari. Kebayang yah, ultahnya kapan dikirimnya kapan. Jaman dulu ternyata, jarak memang terasa ya?

Berhubung ini adalah kartu pos, isinya juga terbatas. Nggak bisa panjang kayak nulis surat. Aku nggak tahu apa ini kutipan atau memang tulisan dari sahabat papa untuknya. Akusih nggak heran sama cara berpikir Papa dan teman-temannya, mereka anak Filsafat UGM. Mereka sudah jelas keren dan nyentrik, lah wong makanan sehari-harinya Philos (persahabatan, cinta)dan Sofia (kebijaksanaan). Here they are, isi kartu ucapan tersebut :

Jon, What is life? Life is one way street, and we are not coming back. Is life worth living? That is question for an embryo, not a man. Aswin F. Waraow.

Hmm, Papa udah hampir 10 tahun nggak ada, bagiku seperti baru kemarin sore (seharusnya 1 Januari kemarin usia beliau genap 54 tahun). Dan aku penasaran ingin berkoresponden dengan teman-temannya yang mungkin masih hidup. Salah satunya Aswin F Warouw yang rajin kirim surat ke Papa semasa hidupnya. Bukan buat apa-apa, aku hanya ingin tahu cerita seperti apa yang bisa dituturkan oleh para sahabat Papaku. Soalnya bagi mereka yang ditinggalkan oleh yang tercinta, hanya bisa mengenang dalam hidup.

Well, Selamat Ulang Tahun Papa. Sudahkah Papa menemukan apa yang dicari? Dan apakah mati lebih menyenangkan daripada hidup?

2 thoughts on “Question, What is Life

  1. What is life? hidup adalah misteri… kenapa saya sebut misteri? karena hidup itu sebuah perjalanan yang tak bisa kita duga. Entah nantinya kita akan bertemu apa, siapa, dimana, atau masalah apa? Yap, kita tak tahu apa yang terjadi selanjutnya karena itulah hidup. Biarkan waktu yang akan menjawab apa yang akan terjadi selanjutnya, karena itu rahasia alam semesta🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s