Penipuan ‘Lulus Lowongan Kerja’ dan Agen Travel Gadungan

Setelah trik penipuan ‘Mama minta Pulsa’ atau ‘Papa lagi di Kantor Polisi’ atau ‘Menang Undian dari RIM Blackberry’ (silahkan lihat melalui link ini : Tipu-Tipu Berhadiah, Beware Of Pin BB 277D6308, 25DD6D86, 298A45AFY http://wp.me/p2SQIe-ac). Belakangan ini sedang marak terjadi penipuan yang berkedok sebagai ‘Penerimaan Lowongan Kerja’.

Modus operandinya adalah tiba-tiba kita menerima telefon dari nomor tidak dikenal yang menyatakan bahwa kita diterima untuk interview di sebuah perusahaan besar apa saja. Yang kantor pusatnya berada di Jakarta, Batam atau kota besar lainnya. Kemudian kita diminta secepatnya datang ke kota tersebut untuk mengikuti wawancara kerja secara langsung (yang katanya cuma formalitas saja dan sudah pasti mendapatkan pekerjaan tersebut).

Nah, disini letak tipu-tipunya. Entah bagaimana caranya mereka mendapatkan informasi, penipuan ini biasanya khusus mencari korban yang rumahnya di kampung-kampung sehingga agak terbelakang dengan info pekerjaan dan merupakan fresh graduate atau merupakan sarjana-sarjana yang baru wisuda. Jadi sikorban tidak merasa ‘aneh’ bila mendapat panggilan kerja karena biasanya fresh graduate memang paling rajin mengapply lamaran kesana-kemari. Hingga terkadang bisa lupa dengan nama-nama perusahaannya saking banyaknya lamaran yang ia masukkan.

Karena mendadak diminta interview ke Jakarta, Batam atau Surabaya, otomatis kita yang tinggal dikampung belum tahu mau datang naik apa dan bagaimana menuju kesana. Si penipu tersebut akan berpura-pura menanyakan kesiapan kita. Dengan alasan perusahaannya sudah bekerja sama dengan agen travel tertentu, kita diberi nomor telefon palsu agen tersebut untuk membeli tiket pesawat dan penginapan selama di Jakarta atau kota lainnya. Si penipu dengan meyakinkan menyatakan bahwa semua biaya tiket pesawat pulang pergi serta akomodasi selama di kota tersebut akan diganti seluruhnya oleh perusahaan, membuat kita merasa beruntung dan tak ada ruginya untuk mengikuti interview ini.

So, ketika kita akhirnya menghubungi agen travel abal-abal tersebut kita akan diarahkan untuk membeli tiket pesawat yang paling mahal seperti Garuda dengan alasan supaya tidak ada delay sehingga tidak terlambat datang ke kota tersebut untuk interview. Sekali lagi si agen travel menyatakan bahwa meski seluruh biaya ini kita yang membayar duluan, namun setelah kita di kota tersebut dan mengikuti interview atau bahkan pelatihan kerja dari perusahaan yang menghubungi kita, biayanya akan ditanggung oleh perusahaan.

Lalu setelah fix dengan jadwal penerbangan dan biayanya, kita akan diminta mengirimkan sejumlah uang melalui transfer bank ke nomor rekening tertentu, yang dinyatakan sebagai nomor rekening agen travel penipuan tersebut. Dan karena sudah percaya maka kita dengan bodohnya mengirimkan sejumlah uang dan Voila, kita tidak akan pernah mendapatkan tiket pesawat tersebut. Pada saat kita menghubungi nomor telefon pertama yang menyatakan kita lulus dan nomor si agen travel gadungan, nomor-nomor tersebut pada awalnya akan bilang untuk bersabar dan menunggu, kemudian mereka tidak akan pernah bisa dihubungi lagi. Dan kita pun baru menyadari telah tertipu serta kehilangan sejumlah uang.

Pernah mengalami penipuan jenis ini? Share nomor telefon dan nomor rekening bank penipuan tersebut pada kolom komentar artikel dan silahkan menyebarkan artikel ini supaya teman-teman yang lain bisa mengetahui serta terhindar dari tipu-tipu macam ini.

4 thoughts on “Penipuan ‘Lulus Lowongan Kerja’ dan Agen Travel Gadungan

  1. Waah kya ny harus lebih kritis n berhati2, klo gt critanya, jgn langsung seneng n percaya klo ada yg nelpon trus ngaku2 user dr suatu perusahaan.
    Utk mastiin itu beneran , qt ϐïڪa͡ tnyakan identitas lengkap diri qt kpd ntu perusahaan, krn klo qt pernah ngelempar lamaran kesna pasti, mreka tau CV qt.

  2. Pt.pertamina
    Pt.ep indonesie(total)
    Pt.unilever
    Rs.siloam
    Rs.sentra medika
    Kejadian semua sama.. Awalnye liwat sms.. Trus di kirim via email…
    Ujung2nye pake agen travel.. Pt.asia tour lah..
    Blablabla…
    Masa lowongan dijakarta..tinggal dijakarta kudu pake agen travel.. Hadeh… Hati2 brother and sister…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s