He doesn’t love you, girl!

Kapan perempuan bisa sadar, kalau pria yang ia kejar dan harapkan setengah mati, sama sekali tidak tertarik padanya?

Siang ini ada seorang sahabat curhat tentang masalah hubungan asmaranya padaku. Agak ironis sih, karena aku bukanlah orang yang pandai memberi nasihat. Lagipula percintaanku sendiri gersang selama bertahun-tahun, kok malah dimintai pendapat tentang pria. Rancukan?

Tetapi yaudahlah ya, aku dengarin aja curhatan temanku. Kali aja dia cuma butuh di dengar.

Jadi begini ceritanya, temanku ini sudah beberapa bulan menjalin hubungan tanpa status dengan teman kerjanya. Dari awal si pria sudah mewanti-wantinya dengan kisah bahwa dirinya adalah tulang punggung keluarga karena sang ayah sudah meninggal. Dan ia membiayai keluarganya serta menyekolahkan adik-adiknya. Jadi ia tidak bisa menikah atau menjanjikan apapun pada temanku ini.

Well, aku cuma bisa bilang “BULLSHIT!” dengan keras.

Pria ini cuma pengecut kecil yang bersembunyi dibalik berbagai alasan dan PHP kelas kakap. Memangnya apa hubungannya perasaan dengan keadaannya yang seperti itu? Enggak ada. Tapi bodohnya sahabatku sudah masuk perangkapnya serta kini terombang-ambing dengan keadaan telah ia manipulasi.

Kenapa aku bilang begitu?

Karena aku tahu dengan benar pria ini cuma mempermainkan sahabatku. Menikmati waktu, perhatian, rasa kasihan serta kasih sayang yang diberikan si wanita tanpa paksaan tetapi tidak mau terikat. Karena tidak cukup punya perasaan pada si wanita dan cuma mau memanfaatkannya. Suatu saat apabila ia bertemu dengan wanita lain yang benar-benar ia sukai, segala alasan tulang punggung yang harus membiayai keluarga itu, akan kelaut. Dan ia akan segera mengawini gadis pujaannya. Lalu temanku cuma bisa gigit jadi karena nggak akan pernah bisa menjadi apapun bagi lelaki brengsek ini.

Kejadian yang sama pernah terjadi pada sahabat wanitaku yang lain. Setelah berpisah dari lelaki yang sudah menjalin hubungan bertahun namun belum bisa melangkah lebih serius, dua bulan setelah putus si lelaki malah kawin dengan perempuan lain. Mana alasan tulang punggung keluarga yang belum bisa berkomitmen dalam waktu dekat??

Kesimpulannya apa? Dengan jujur aku menyimpulkan, kedua sahabatku ini tidak dicintai oleh laki-laki yang mereka harapkan. Karena mereka bukanlah orang yang diinginkan para lelaki ini dalam pernikahan dan masa depannya. Sedih ya? Tapi itu kenyataan pahitnya.

Jadi ladies, kalau dalam sebuah hubungan pria dan wanita, lelaki itu memperlakukanmu dengan :

1. Ia tidak memberimu kejelasan status
~ artinya ia tidak mau berkomitmen. Karena dengan punya status akan ada hal-hal yang mengikat antara kalian berdua.
~ artinya ia tidak memberikanmu alasan untuk menjadi bagian dari rencana masa depannya.
~ artinya kamu bukanlah apa-apa baginya. Bukan hal yang penting dan tak ingin ia perjuangkan.
~ artinya ia tidak mencintaimu namun sengaja ‘menggantungmu’ karena ia belum menemukan orang yang tepat untuknya.

2. Ia punya banyak alasan untuk tidak berkomitmen
~ tulang punggung keluarga, harus membiayai keluarga, ini dan itu, adalah alasan basi yang ia ajukan supaya kamu bisa mengerti keadaannya dan tak bisa menuntut apapun padanya. Kalaupun memang benar, apa bisa keadaan seperti itu menghentikan perasaan seseorang? I don’t think so.
~ padahal mudah saja, kalau memang ia punya perasaan lebih padamu, lelaki pasti akan memperjuangkanmu mati-matian meski semustahil apapun keadaannya (lihat saja kisah cinta Beby Romeo yang tidak direstui orang tua Meisya Siregar. Nggak dapat gadis, jandanya pun jadi dan mereka berakhir happy ending sekarang). Tetapi tidak jika ia tak punya perasaan itu.

3. Ia memintamu untuk tidak berharap banyak padanya dan mempersilahkanmu dengan yang lain
~ artinya ia benar-benar tidak menginginkanmu.
~ artinya ia ingin kau enyah dari hidupnya.
~ artinya kau mulai mengganggunya dengan mempertanyakan hal-hal yang tak bisa dan tak akan pernah diberikannya padamu seperti bertemu dengan orang tuanya, pernikahan dan lain-lain.
~ artinya dia sudah bosan dengan kehadiranmu di sekelilingnya.

4. Ia bilang sayang padamu tetapi tidak pernah mengucap CINTA
~ dia TIDAK CINTA ke kamu
~ dia NGGAK PERNAH CINTA ke kamu
~ dia TIDAK AKAN CINTA ke kamu
~ jadi berhenti mengharapkan dia dan sadarlah.

5. Ia tidak memperjuangkanmu
~ lelaki itu pemburu, pemimpin, mahluk yang sudah sifat dasarnya suka menguasai dan mengeklaim sesuatu yang apabila ia menginginkannya. Dan bila ia tidak melakukan hal itu untukmu, artinya kau sama sekali tidak berharga untuknya.
~ ia bukan tak punya seni berjuang tetapi dia memang tidak mau memperjuangkan kamu. Karena hatinya memang tidak ada di kamu, sayang.

So, cepatlah sadar sayang-sayangku. Aku tidak memintamu melupakannya ataupun menjauhinya seketika, karena itu memang nggak mungkin. Cobalah untuk melihat dirinya secara utuh dan logis. Melihat ia sebagai laki-laki yang tidak berani mengatakan hal yang sesungguhnya bahwa dirinya tak tertarik padamu dan kau sudah membuang-buang waktumu. Melihat dia sebagai lelaki yang tak gentleman dan lebih mirip banci. Melihat dia tak berharga atas harapan, mimpi dan hatimu. Dan tak ada lagi ilusi palsu yang menutupi matamu hingga salah menilai maksud darinya.

Wake up, girl. Kenyataan memang pahit tapi tak sepahit bila terlambat sadar dan kamu malah menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu orang lain, yang ternyata jauh lebih baik dari dia.

Love and hug, your alter ego.

4 thoughts on “He doesn’t love you, girl!

  1. uhm well, setuju di beberapa bagian. tapi menurutku, ada juga cowok cuek yang melakukan hal hal seperti di point yang sudah disebutkan di atas, tapinya dia cinta banget. cuma nggak tahu gimana ngungkapinnya.

    • Cuma ‘bocah lelaki’ di SD yang bikin nangis anak perempuan yang disukainya. So kamu yakin dia lelaki dewasa dengan mental yang berkembang atau lelaki dengan mental anak-anak?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s