Stick Till The Ends

Ada yang lebih mengesalkan dari situasi ini, nggak?

Kamu punya teman yang lagi jatuh cintaaaaaa banget sama seseorang, yang ——- kamu tahu, ia tak baik untuk temanmu. Dan meski kamu sudah bilang berkali-kali, menasihati bahkan melarang temanmu itu, tak ada yang dapat menghentikannya untuk tak tergila-gila pada orang yang salah tersebutkan?

Begitu juga dalam menentukan pandangan politik serta memilih partai yang akan didukung. Terkadang orang-orang terdekat kita malah ‘kok suka sianu sih’, ‘kok dukung itu sih’, atau ‘kok ikut partai gurem sih?’ Apa mata mereka buta nggak lihat orang-orang partai tersebut terlibat kasus pencurian uang negara? Skandal dengan perempuan tidak ada habisnya, punya latar masa lalu menjadi penjahat perang atau HAM, atau membuat keputusan-keputusan yang merugikan rakyat seperti Lapindo.

Keadaan yang sama, seperti saat melihat temanku salah memilih orang untuk dipacari atau menjadi fans berat k*ngen band, aku cuma bisa membiarkannya sadar sendiri. Biar dia lihat keburukan pilihannya, jatuh dan merasakan pahitnya kenyataan. Lalu akhirnya sadar bahwa memang apa yang pernah kita katakan padanya ‘benar’ dan ia menyesalinya belakangan. Tetapi paling enggak dia sadar jugakan walau terlambat.

Susah mengubah pandangan seseorang yang sudah di doktrin, cuci otak, apalagi kalau sampai mendarah daging. Terkadang bahkan ketika mereka tahu kalau yang dibela habis-habisan ternyata tidak pantas untuk itu, mereka sudah terlanjur malu mengakuinya. Jadi terpaksa bertahan sampai akhir. Karena seperti Dumbledore bilang orang lebih mudah memaafkan orang lain yang salah daripada yang benar. So, kita hanya bisa menunggu dan melihat, bagaimana jadinya nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s