Mereka Ada Dimana-mana, Mengawasi kita

Ada sebuah kisah random yang ingin kubagikan pada kalian. Tetapi sebelumnya, aku minta jangan berprasangka terlebih dahulu. Sungguh nggak ada maksud lain serta tujuan tertentu dalam menuliskan dan menerbitkan postingan ini. Semata-mata hanya berharap ada nilai baik yang dapat sama-sama kita petik. Semoga.

Minggu, tanggal 22 Juni 2014 sekitar jam 4 lebih sebelum waktu subuh melanda, aku masih tertidur dan belum sholat isya. Berkali-kali dalam nyenyakku, aku merasakan mendengar suara ibuku memanggil namaku. “Yona… Yona…. Yona…. !”. Berusaha membangunkanku dari tidur. Tetapi ini hal yang mustahil terjadi.

Mengapa?

Karena aku dan ibuku berada di pulau yang berbeda dengan jarak ribuan kilometer (mungkin, Sumatera – Batam). Jadi bagaimana mungkin aku bisa mendengar panggilan ibuku tercinta?

Well, aku akhirnya terbangun diwaktu yang mepet itu dan segera berwudhu. Sholat isya dan sekitar 20 menit kemudian azan subuh berkumandang, kulanjutkan dengan sholat subuh. Setelah itu aku kembali tidur.

Namun setelah bangun kemudian dan kupikir-pikir lagi, mungkin (mungkin loh, aku pun tak bisa pasti) suara itu adalah malaikat yang mencoba membangunkanku untuk melaksanakan kewajiban sholatku yang hampir terlupakan karena ketiduran. Dengan menyaru suara orang terkasihku, bisa saja kan?

Aku percaya malaikat dan kuyakin mereka ada dimana-mana tanpa pernah kita sadari. Mungkin sedang menyaru menjadi pengemis, menjadi seorang tua papa dan hina, menjadi seorang asing yang baik hati, menjadi sosok menakutkan yang mengingatkan kesalahan kita atau mungkin menjadi sosok yang paling kita cintai, meski hanya suaranya saja. Kita tidak pernah tahukan rencana Tuhan?

Jadi aku cukup bersyukur masih diingatkan dengan cara seperti ini. Alloh itu maha pengasih dan maha penyayang, kasih sayangnya pada umat jauh lebih besar dari semesta kita ini, yang katanya tak terbatas.

Leave a Reply

