Pilihan apa yang kita punya?

image

Kita bisa memilih dengan siapa menjalani sisa hidup tapi tidak dengan siapa yang kita cintai, siapa orang tua kita dan siapa yang diam-diam setengah mati kita rindukan dalam hati.

Aku sampai saat ini masih percaya bahwa setiap orang diciptakan berpasangan meski ada data statistik populasi dunia yang menyatakan perbandingan wanita dan pria saat ini 4:1. Tetap, aku percaya dan tidak takut tidak mendapatkan pasangan untukku sendiri.

Kenapa? Hmm, nggak perlu alasan sih. Mungkin intuisi aja. Sama seperti kita bisa percaya pada Tuhan tanpa pernah melihatnya secara langsung. Tapi kita percayakan Tuhan memang ada walaupun ada ribuan nama dalam kita memanggilnya.

Kembali ke masalah cinta, mumpung kita masih di bulan februari (bulan penuh cinta katanya). Karena kita tidak bisa memilih siapa yang kita cintai maka menurutku perlu adanya standar yang ditetapkan. Seperti :

1. Jangan memilih pasangan yang memberikan pengaruh buruk padamu. Lah, orang yang lagi dimabuk cinta mana bisa sadar. Oleh karena itu kita butuh hal kedua. Yang paling tahu kalau ada yang berubah dari diri kita pastilah orang terdekat seperti keluarga dan teman. Dan mereka pastinya juga peduli.
2. Jangan memilih pasangan yang menjauhkan kamu dari orang-orang terdekatmu. Cinta yang baik nggak akan membuat kita memilih antara dia dan orang tua kita. Justru harusnya menambah bagian baru dalam pohon hidup kita.
3. Jangan memilih pasangan yang meminta kita mengikuti imannya. Karena Tuhan, agama serta keyakinan itu ditemukan didalam hati bukan diberikan apalagi dipaksakan oleh orang lain. Ini masalah yang sangat penting loh. Mau tau maksudnya apa? Baca disini Jodoh buat Laila (Kun Fayakun) http://wp.me/p2SQIe-aN.
4.  Jangan memilih seseorang yang memperlakukan dirimu dengan buruk. Cinta bukan hanya soal memaafkan, bersabar dan berkorban. Terlebih dahulu kita harus mencintai diri sendiri, menghargai dan hormati diri kita. Kalau tak bisa melakukan itu bagaimana bisa kita mencintai orang lain, sedang kita saja tak menganggap diri kita berarti. Iya gak? Dan atas pertimbangan bodoh apa kau membiarkan orang lain, memberinya izin untuk tidak menghargai dirimu dengan pantas serta terhormat. Ini tidak benar dan hubungan seperti ini tidak sehat. Dimata cinta semua orang mempunyai kedudukan yang sama, yaitu pecinta.
5. Jangan memilih seseorang yang hatinya bercabang atau sesorang yang telah dimiliki oleh orang lain. Seseorang yang hatinya bercabang adalah pengecut yang serakah dan tidak mau kehilangan apapun meskipun hal tersebut akan menyakiti banyak orang. Sedangkan seseorang yang telah dimiliki orang lain adalah terlarang bagi siapapun. Haram bagi kita mendekatinya, menggoda ataupun berusaha menjadikannya milik kita selama ia masih terikat dengan orang lain.

Memang tidak ada seorangpun yang dapat mengendalikan hati dan perasaan, tapi cobalah memikirkan dari sisi orang yang akan menjadi korban disini. Yang paling tersakiti dan tak tau apa-apa, adil kah ini baginya?

Cinta mungkin memang sangat penting dan tak bisa ditolak tapi pada kenyataannya manusia harus bisa memilih pilihan-pilihan lain yang pada akhirnya jauh lebih mutlak dari pada sekedar perasaan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s