Karena kita manusia kan?

image

Setiap orang pasti punya masalah dan ketakutan masing-masing. Dan nggak ada hidup yang mudah bahkan untuk seseorang yang terlahir rupawan, cerdas dan diwariskan kekayaan luar biasa. Enggak ada manusia yang tidak punya kelemahan, karena yang sempurna tidak pernah diciptakan melebihi sang penciptanya.

Dan karena kita hanya manusia yang terdiri dari daging serta darah. Berbuat salah sengaja atau tidak, merupakan bagian dari diri kita. Identitas kita sebagai mahluk serakah, ambisius, oportunis dan tidak pernah belajar dari kesalahan. Nggak heran kalau menurut Ultron maupun Richmond Valentine, kita harus diberantas habis, dibom nuklir sekalian.

Tapi seperti alam yang selalu berhasil menemukan jalan untuk bertahan, manusia pun begitu. Seleksi alam sudah membuktikan itu. Manusia selalu dapat bertahan. Dengan bahtera Nuh, dengan kamp konsentrasi, dan yang paling anyar Rohingya juga ISIS.

Kekuatan manusia bukanlah pada kecerdasannya. Justru kerapuhannya, kekhilafannya, kebebalannya melakukan kesalahan yang sama berulang kali, merupakan penanda bahwa ia hidup. Bukan sekadar hidup, makan dan buang hajat tapi benar hidup dengan berjuang setiap waktu tersisa yang ia miliki. Karena hidupnya jelas pasti punya akhir. Tapi pencapaian terkadang bukanlah sesuatu yang bisa diukur.

Manusia adalah mahluk menarik. Tanpa daya tapi merasa berkuasa. Menganggap dirinya paling pintar namun sebenarnya hanya mengetahui sedikit hal. Berpikir bisa menghakimi bagi yang lain, padahal hanya menjalani nasib. Dan saya masih menjadi manusia saat menuliskan hal ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s