Pilihan apa yang kita punya?

image

Kita bisa memilih dengan siapa menjalani sisa hidup tapi tidak dengan siapa yang kita cintai, siapa orang tua kita dan siapa yang diam-diam setengah mati kita rindukan dalam hati.

Aku sampai saat ini masih percaya bahwa setiap orang diciptakan berpasangan meski ada data statistik populasi dunia yang menyatakan perbandingan wanita dan pria saat ini 4:1. Tetap, aku percaya dan tidak takut tidak mendapatkan pasangan untukku sendiri.

Kenapa? Hmm, nggak perlu alasan sih. Mungkin intuisi aja. Sama seperti kita bisa percaya pada Tuhan tanpa pernah melihatnya secara langsung. Tapi kita percayakan Tuhan memang ada walaupun ada ribuan nama dalam kita memanggilnya.

Kembali ke masalah cinta, mumpung kita masih di bulan februari (bulan penuh cinta katanya). Karena kita tidak bisa memilih siapa yang kita cintai maka menurutku perlu adanya standar yang ditetapkan. Seperti :

1. Jangan memilih pasangan yang memberikan pengaruh buruk padamu. Lah, orang yang lagi dimabuk cinta mana bisa sadar. Oleh karena itu kita butuh hal kedua. Yang paling tahu kalau ada yang berubah dari diri kita pastilah orang terdekat seperti keluarga dan teman. Dan mereka pastinya juga peduli.
2. Jangan memilih pasangan yang menjauhkan kamu dari orang-orang terdekatmu. Cinta yang baik nggak akan membuat kita memilih antara dia dan orang tua kita. Justru harusnya menambah bagian baru dalam pohon hidup kita.
3. Jangan memilih pasangan yang meminta kita mengikuti imannya. Karena Tuhan, agama serta keyakinan itu ditemukan didalam hati bukan diberikan apalagi dipaksakan oleh orang lain. Ini masalah yang sangat penting loh. Mau tau maksudnya apa? Baca disini Jodoh buat Laila (Kun Fayakun) http://wp.me/p2SQIe-aN.
4.  Jangan memilih seseorang yang memperlakukan dirimu dengan buruk. Cinta bukan hanya soal memaafkan, bersabar dan berkorban. Terlebih dahulu kita harus mencintai diri sendiri, menghargai dan hormati diri kita. Kalau tak bisa melakukan itu bagaimana bisa kita mencintai orang lain, sedang kita saja tak menganggap diri kita berarti. Iya gak? Dan atas pertimbangan bodoh apa kau membiarkan orang lain, memberinya izin untuk tidak menghargai dirimu dengan pantas serta terhormat. Ini tidak benar dan hubungan seperti ini tidak sehat. Dimata cinta semua orang mempunyai kedudukan yang sama, yaitu pecinta.
5. Jangan memilih seseorang yang hatinya bercabang atau sesorang yang telah dimiliki oleh orang lain. Seseorang yang hatinya bercabang adalah pengecut yang serakah dan tidak mau kehilangan apapun meskipun hal tersebut akan menyakiti banyak orang. Sedangkan seseorang yang telah dimiliki orang lain adalah terlarang bagi siapapun. Haram bagi kita mendekatinya, menggoda ataupun berusaha menjadikannya milik kita selama ia masih terikat dengan orang lain.

Memang tidak ada seorangpun yang dapat mengendalikan hati dan perasaan, tapi cobalah memikirkan dari sisi orang yang akan menjadi korban disini. Yang paling tersakiti dan tak tau apa-apa, adil kah ini baginya?

Cinta mungkin memang sangat penting dan tak bisa ditolak tapi pada kenyataannya manusia harus bisa memilih pilihan-pilihan lain yang pada akhirnya jauh lebih mutlak dari pada sekedar perasaan saja.

Advertisements

He doesn’t love you, girl!

Kapan perempuan bisa sadar, kalau pria yang ia kejar dan harapkan setengah mati, sama sekali tidak tertarik padanya?

Siang ini ada seorang sahabat curhat tentang masalah hubungan asmaranya padaku. Agak ironis sih, karena aku bukanlah orang yang pandai memberi nasihat. Lagipula percintaanku sendiri gersang selama bertahun-tahun, kok malah dimintai pendapat tentang pria. Rancukan?

Tetapi yaudahlah ya, aku dengarin aja curhatan temanku. Kali aja dia cuma butuh di dengar.

Jadi begini ceritanya, temanku ini sudah beberapa bulan menjalin hubungan tanpa status dengan teman kerjanya. Dari awal si pria sudah mewanti-wantinya dengan kisah bahwa dirinya adalah tulang punggung keluarga karena sang ayah sudah meninggal. Dan ia membiayai keluarganya serta menyekolahkan adik-adiknya. Jadi ia tidak bisa menikah atau menjanjikan apapun pada temanku ini.

Well, aku cuma bisa bilang “BULLSHIT!” dengan keras.

Pria ini cuma pengecut kecil yang bersembunyi dibalik berbagai alasan dan PHP kelas kakap. Memangnya apa hubungannya perasaan dengan keadaannya yang seperti itu? Enggak ada. Tapi bodohnya sahabatku sudah masuk perangkapnya serta kini terombang-ambing dengan keadaan telah ia manipulasi.

Kenapa aku bilang begitu?

Karena aku tahu dengan benar pria ini cuma mempermainkan sahabatku. Menikmati waktu, perhatian, rasa kasihan serta kasih sayang yang diberikan si wanita tanpa paksaan tetapi tidak mau terikat. Karena tidak cukup punya perasaan pada si wanita dan cuma mau memanfaatkannya. Suatu saat apabila ia bertemu dengan wanita lain yang benar-benar ia sukai, segala alasan tulang punggung yang harus membiayai keluarga itu, akan kelaut. Dan ia akan segera mengawini gadis pujaannya. Lalu temanku cuma bisa gigit jadi karena nggak akan pernah bisa menjadi apapun bagi lelaki brengsek ini.

Kejadian yang sama pernah terjadi pada sahabat wanitaku yang lain. Setelah berpisah dari lelaki yang sudah menjalin hubungan bertahun namun belum bisa melangkah lebih serius, dua bulan setelah putus si lelaki malah kawin dengan perempuan lain. Mana alasan tulang punggung keluarga yang belum bisa berkomitmen dalam waktu dekat??

Kesimpulannya apa? Dengan jujur aku menyimpulkan, kedua sahabatku ini tidak dicintai oleh laki-laki yang mereka harapkan. Karena mereka bukanlah orang yang diinginkan para lelaki ini dalam pernikahan dan masa depannya. Sedih ya? Tapi itu kenyataan pahitnya.

Jadi ladies, kalau dalam sebuah hubungan pria dan wanita, lelaki itu memperlakukanmu dengan :

1. Ia tidak memberimu kejelasan status
~ artinya ia tidak mau berkomitmen. Karena dengan punya status akan ada hal-hal yang mengikat antara kalian berdua.
~ artinya ia tidak memberikanmu alasan untuk menjadi bagian dari rencana masa depannya.
~ artinya kamu bukanlah apa-apa baginya. Bukan hal yang penting dan tak ingin ia perjuangkan.
~ artinya ia tidak mencintaimu namun sengaja ‘menggantungmu’ karena ia belum menemukan orang yang tepat untuknya.

2. Ia punya banyak alasan untuk tidak berkomitmen
~ tulang punggung keluarga, harus membiayai keluarga, ini dan itu, adalah alasan basi yang ia ajukan supaya kamu bisa mengerti keadaannya dan tak bisa menuntut apapun padanya. Kalaupun memang benar, apa bisa keadaan seperti itu menghentikan perasaan seseorang? I don’t think so.
~ padahal mudah saja, kalau memang ia punya perasaan lebih padamu, lelaki pasti akan memperjuangkanmu mati-matian meski semustahil apapun keadaannya (lihat saja kisah cinta Beby Romeo yang tidak direstui orang tua Meisya Siregar. Nggak dapat gadis, jandanya pun jadi dan mereka berakhir happy ending sekarang). Tetapi tidak jika ia tak punya perasaan itu.

3. Ia memintamu untuk tidak berharap banyak padanya dan mempersilahkanmu dengan yang lain
~ artinya ia benar-benar tidak menginginkanmu.
~ artinya ia ingin kau enyah dari hidupnya.
~ artinya kau mulai mengganggunya dengan mempertanyakan hal-hal yang tak bisa dan tak akan pernah diberikannya padamu seperti bertemu dengan orang tuanya, pernikahan dan lain-lain.
~ artinya dia sudah bosan dengan kehadiranmu di sekelilingnya.

4. Ia bilang sayang padamu tetapi tidak pernah mengucap CINTA
~ dia TIDAK CINTA ke kamu
~ dia NGGAK PERNAH CINTA ke kamu
~ dia TIDAK AKAN CINTA ke kamu
~ jadi berhenti mengharapkan dia dan sadarlah.

5. Ia tidak memperjuangkanmu
~ lelaki itu pemburu, pemimpin, mahluk yang sudah sifat dasarnya suka menguasai dan mengeklaim sesuatu yang apabila ia menginginkannya. Dan bila ia tidak melakukan hal itu untukmu, artinya kau sama sekali tidak berharga untuknya.
~ ia bukan tak punya seni berjuang tetapi dia memang tidak mau memperjuangkan kamu. Karena hatinya memang tidak ada di kamu, sayang.

So, cepatlah sadar sayang-sayangku. Aku tidak memintamu melupakannya ataupun menjauhinya seketika, karena itu memang nggak mungkin. Cobalah untuk melihat dirinya secara utuh dan logis. Melihat ia sebagai laki-laki yang tidak berani mengatakan hal yang sesungguhnya bahwa dirinya tak tertarik padamu dan kau sudah membuang-buang waktumu. Melihat dia sebagai lelaki yang tak gentleman dan lebih mirip banci. Melihat dia tak berharga atas harapan, mimpi dan hatimu. Dan tak ada lagi ilusi palsu yang menutupi matamu hingga salah menilai maksud darinya.

Wake up, girl. Kenyataan memang pahit tapi tak sepahit bila terlambat sadar dan kamu malah menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu orang lain, yang ternyata jauh lebih baik dari dia.

Love and hug, your alter ego.

5 Mitos Salah Tentang Pria

Man are from Mars, Women are from Venus (John Gray).

Begitu cara orang-orang menggambarkan betapa berbedanya cara berpikir antara pria dan wanita, selain memang fisiknya yang sedikit lain. Tetapi yakinlah mereka saling melengkapi dan diciptakan tepat bagi satu sama lain.

Pria biasanya lebih realistis dan menggunakan logika dalam memandang dan memutuskan suatu masalah, sedangkan para ladies lebih menggunakan perasaan dan intuisi yang kadang kala malah tak sejalan dengan kenyataan.

Yeah, kami para wanita sering membodohi diri sendiri dengan salah membaca maksud pria, padahal keadaan sesungguhnya mungkin tak seperti itu.

Lalu hal apa sajakah yang sering salah diartikan oleh para wanita dalam menilai sikap pria? Here they are :

1. Pria yang mencampakkanmu akan menyesal.

Wanita sering sekali berpikir seperti tokoh cerita di novel-novel chicklit, roman dan drama-drama di tv, bahwa pria yang pernah meninggalkanmu suatu hari akan menyesal dan mengemis balik dikakimu.

Padahal yang sesungguhnya terjadi, pria tersebut sudah bersama wanita lain (yang mungkin lebih segala-galanya daripada dirimu) dan melupakanmu seolah kau tak pernah punya arti. Well, kau mungkin memang tak berarti apapun baginya. Bila tidak, dia nggak akan meninggalkanmu begitu saja, sayang.

2. Pria yang kau campakkan akan mengerti dirimu.

Nggak ada orang di dunia ini yang mau aja dicampakkan dalam sebuah hubungan, meskipun mereka adalah mahluk teosteron.

Girls, kamu sudah menyakiti ego lelaki dan masih berharap dia bisa mengerti alasan kamu meninggalkannya? Hell yeah, otak kamu dimana dear?

Sama seperti kamu yang nggak mau disakiti, pria juga berpikir begitu. Dan semakin besar rasa sayang yang ia milik, bayangkan bila itu menjadi rasa benci. Dan kamulah objek dari rasa benci itu. Nggak enak banget kan?

3. Pria yang kau tolak akan menunggumu.

Nah ini yang paling klasik.

Pria yang dahulu pernah menyatakan cinta meski telah kamu tolak, tetap akan mencintaimu selamanya.

Please, jangan buat aku ketawa ngakak, gadis-gadis. Kenyataannya bagi pria hal seperti itu semudah ia membuang underwear sekali pakai. Prinsipnya seperti ini : nembak dan ditolak, skor 1-0. Nembak dan diterima, skor 2-0.

Nggak ada ruginya kan bagi pria? Jadi jangan ngimpi kalau para lelaki itu mau menunggumu, girls. Mereka terlahir sebagai pemburu. Nggak dapat yang ini, mereka bisa cari yang lain. Selalu ada hal lebih baik bagi mereka, sesimple itu.

4. Pria yang baik padamu sudah pasti suka padamu.

Hmmm, ini yang paling sulit.

Ada jenis pria yang selalu bersikap baik pada gadis-gadis, maksudku semua gadis. Dan hal tersebut tentu saja, mudah sekali ditafsirkan salah oleh lawan jenisnya. Dan pria seperti ini sebenarnya nggak salah.

Dia cuma bersikap baik, bukan melamarmu sayang. Jadi berhentilah berpikir bahwa ia punya rasa terhadapmu. Ia hanya bersikap sopan dan merasa hal tersebut adalah hal yang harus dilakukan oleh para pria sejati.

5. Pria yang mencintaimu akan memaafkanmu.

Terakhir namun yang paling penting adalah poin ini. Pria yang mencintaimu akan memaafkan kesalahanmu, apapun itu. Dear, sadarlah. Pria juga manusia biasa dan mereka juga merasakan sakit, lapar dan terluka.

Jangan kamu kira karena ia mencintaimu maka ia akan menutup mata dengan segala kesalahanmu.

Ada perbedaan besar antara mencintai dan membodohi diri sendiri dengan bertahan bersama pasangan yang bahkan tak layak diperjuangkan.

Ingat Girls, pria adalah mahluk paling rasional dimuka bumi ini. Secantik dan semenarik apapun dirimu tetapi bila dalam hubungan asmara kau berlaku curang, berkali-kali dan hanya menggunakan kelebihanmu sebagai wanita untuk melunakkan hati mereka. Aku nggak akan kaget, suatu hari mereka akan meninggalkanmu. Karena kau tak pantas.

¤¤¤¤¤

Fiuh! Bagaimana? Kenyataan itu nggak semanis FTV dengan soundtrack Yovie and The Nuno kan?

So, wake up girls. Sadarlah bahwa kamu hidup di dunia nyata dan nggak semua hal akan berjalan sesuai dengan keinginanmu. Dan kalau hal tersebut nggak memuaskanmu, kamu bisa apa selain menerima kenyataan, bahwa pria tak seperti yang kamu pikir.

10 Hal Yang Akan Kulakukan Dengan Ayahku ( Father and Daughter)

Well, karena aku adalah putrinya ayahku maka saat pertanyaan ini melintas dibenakku “apa yang pengen lo lakukan seandainya Bokap lo masih idup?” (Papaku, seperti yang kalian ketahui, sudah lama nggak ada). Maka aku membuat sebuah daftar hal yang ingin kulakukan bersama Bokap, apa saja itu?

1. Ngajarin Bokap make Laptop
Hal ini adalah kegiatan pertama yang akan kulakukan untuk beliau. Maksudnya sih supaya bokap nggak gagap teknologi dan bisa berselancar di internet. Banyak hal yang bisa Bokap dapatkan dengan menguasai keahlian ini, selain memang sudah tuntutan jaman.

2. Buatin akun media sosial Bokap
He3x, kalau yang ini pasti karena dampak Bokap sudah terbiasa dengan kemajuan teknologi serta mudahnya koneksi internet pada saat sekarang. Papa juga bisa mengontrol pergaulan anak-anaknya disosial media, kan orang tua masa kini harus lebih aktifkan kalau nggak mau kecolongan.

3. Nonton film bareng Bokap
Hmmm, ini sih kegiatan wajib malam minggu saat aku remaja. Nyewa kaset film dan begadang nonton di sabtu malam bareng Bokap. Yeah, maklum aja aku anak rumahan yang lebih suka nonton atau baca dibanding keluyuran nggak jelas.

Tau nggak film yang direkomendasikan bokap buat aku tonton?

The Godfather.

Haha…, serem yah. Tapi film ini beneran jadi favorit aku loh. Gara-gara nonton trilogi Godfather dan hasutan Papa, aku jatuh cinta pada Al Pacino yang memerankan sosok Michael Corleone. Juga pada Mario Puzzo yang sudah dengan jenius menulis novel tentang dunia mafia Itali Amerika.

4. Nonton Konser musik favorit Bokap
Berhubung aku anak Papa banget, maka seleraku terhadap film dan musik banyak sekali dipengaruhi oleh beliau. Papa tuh suka Beatles (PASTI), Queen, The Police, Rolling Stone, George Benson, Janis Joplin, Phil Collins. Genre musik yang disukainya luas dari Rock sampai Jazz, so do I. He3x.

Aku percaya kalau Papa masih hidup, pas kemarin Sting datang ke Jakarta, Papa pasti mau tuh nonton konsernya sama aku. Begitupun saat Metallica datang ke Indonesia.

5. Kencan bareng Bokap
Hahaha…kalau ini sih dulu sering. Nggak kebayang rasanya kalau sekarang jalan bareng sama Papa, pasti lebih seru.

6. Hunting buku bareng Bokap
Karena aku dan Papa gila baca, nggak heran deh kalau buku itu merupakan pacar kedua kami. Dan aku akan meminta belikan banyak sekali buku untuk kukoleksi. Buku-buku tersebut akan kubuatkan rak dan dipajang di kamar pribadiku. Bayangin sebuah kamar tidur dengan rak penuh buku disetiap dindingnya, itu mimpi terpendamku.

7. Ngobrolin politik sampai hal tetek bengek
Ah, kalau yang ini sejak aku bisa mikir udah biasa sih kami lakukan. Nggak ada yang istimewa. Cuma menarik aja ngobrolin segala hal sama Bokap yang dengan latar belakang pendidikan Filsafat. Papaku tuh pinter dan tahu segala hal, bahasa inggrisnya juga jago. Dulu tuh Papa selalu nantangin aku buka kamus dengan acak, nyebutin sebuat kata dalam bahasa Inggris, dan Papa pasti tahu terjemahan Indonesianya.

8. Karokean bareng Bokap
Kita sering nyanyi-nyanyi sambil Papa main gitar di belakang rumah. Suaranya sih nggak bagus-bagus amat, tapi bokap pedean dan suka asyik sendiri kalau udah nyanyi.

9. Ngenalin pacar (kalau punya) kepada Bokap
Hihihi…., kurasa bagian ini nih yang paling di benci seorang Ayah saat putrinya beranjak dewasa atau mungkin sudah siap menikah.

Hubungan Father and Daughter itu agak unik bila dibandingkan dengan Father and Son. Dengan anak lelaki, ia mengajarkan supaya bisa menjadi seorang pria dan berlaku sejati. Sedangkan pada anak perempuannya, ia harus mengajarkan agar berlaku terhormat dan bila suatu hari putrinya menikah, ia akan merasa kehilangan. Karena pada akhirnya kebahagiaan putrinya, bukanlah bersama dengan sang Ayah. Tetapi pada pasangan jiwanya, dan hal itu membuatnya tak berdaya.

10. Berterimakasih pada Bokap karena sudah membuat aku ada
Dan hal yang terakhir tetapi bukanlah yang paling tidak penting, aku akan berterima kasih pada Papa. Karena beliaulah aku ada dan menjadi diriku yang sekarang.

Seandainya bisa (dan tidak ada anak perempuan), yang tidak ingin diwalikan ataupun diantarkan ke altar pada hari pernikahannya oleh Ayah kandungnya sendiri. Begitupun denganku. Malah seharusnya calon suami harus meminta izin pada Ayahku terlebih dahulu, sebelum melamarku menikah.

¤¤¤¤

Oke, mungkin mulai terlihat menyedihkan bagi kalian yang menganggap klise tulisan ini. Tapi aku berharap bila kalian masih memiliki orang tua yang lengkap, perlakukan mereka dengan hormat dan santun. Tolong sayangilah Ibu dan Bapakmu, meski sebenarnya hal tersebut adalah kewajiban yang tak terbantahkan.

Ingat tanpa orang tua (seperti apapun mereka), nggak akan pernah ada ‘kamu’. Dan kehidupan yang mereka berikan meski sesulit dan seberat apapun, tetaplah lebih penting dari pada menyerah dan mati.

5 Jenis Pria Yang Tak Layak Dinikahi

Perempuan usia matang menikah (25 – 35 tahun) yang sudah mapan bekerja tapi belum menemukan jodohnya, pasti sudah bosan sekali ditanyain oleh orang-orang “Kapan kawin?”.

Dan seolah-olah perkara menemukan jodoh ini gampang, kayak ngorek upil. Kalau emang segampang itu, mana ada yang mau betah lama-lama menjomblo kalau jodoh sudah di depan mata, kawan. Belum lagi terkadang disalahin karena dianggap nggak mau usaha (lah, perempuan disuruh nguber-nguber jodoh, lelakinya ngapain dong? Garuk-garuk pantat!), atau disalahin karena terlalu pemilih. Nah, kalau untuk yang satu ini, aku kurang setuju.

Seputus asa apapun kita dan sepengen apapun hasrat kita untuk segera menikah, kita, para perempuan nggak boleh tutup mata dengan beberapa hal yang menjadi prinsip. Jangan gara-gara begitu kebeletnya kawin sampai kita samber aja apa yang datang pada kita. It’s a BIG NO, Ladies.

So, apa aja kriteria lelaki yang amit-amit jangan sampai kita mau memilihnya dalam keadaan seperti apapun? Here they are :

1. Beda Agama, Beda Akidah.

Pernikahan beda agama di Indonesia tidak diakui oleh negara. Makanya banyak pasangan beda agama asal Indonesia yang menikah diluar negeri, untuk melegalkan status pernikahan mereka.

Mengapa aku bilang jangan menikah dengan lelaki yang berbeda agama? Sayangku, pernikahan itu bukan hanya menyatukan hubungan dua jenis manusia berbeda gender dalam satu ikatan legal. Lebih dari itu, pernikahan merupakan awal dari proses pembangunan jiwa-jiwa terikat untuk masa depan yang lebih bahagia.

Agama manapun yang baik, pasti mengajarkan toleransi dalam beragama. Tapi tidak bila dalam pernikahan menurutku. Aku berkaca dengan agama islam yang kuanut, toleransi seperti apa yang bisa dilakukan seorang wanita muslim bila imamnya tak bisa menjadi imam dalam sholat-sholatnya? Tak bisa mengazankan dan mengikomatkan putra dan putrinya yang baru lahir? Tak bisa menuntun shayadat bagi istrinya atau anaknya yang sakratul maut? Alangkah sedihnya pernikahan itu pada akhirnya.

Dia, suami kita, belahan jiwa kita, tak bisa kita membagi kegelisahan atau kebahagiaan kita dalam iman karena dia tak seakidah dengan kita. Begitu juga sebaliknya kita baginya.

Saya pernah membaca tulisan Dra. Rienny Hassan, psikolog favorit saya di koran langganan ibu saya. Beliau pernah menceritakan salah seorang kenalannya yang saat istrinya sakratul maut tak dapat mendampingi si istri, karena ia bukan muslim. Jadi ia tak bisa mengucapkan zikir dan shayadat untuk istrinya dan meminta tolong pada dokter yang kebetulan muslim juga, untuk membacakan ditelinga istri yang ia cintai. Menyedihkan bukan?

Aku pribadi tidak mau punya kisah seperti itu, bagaimana dengan kalian Ladies? Bukankah lebih baik jika kita menikah dengan pria yang seagama dan seakidah dengan kita. Tapi jangan pula demi bisa bersama dengan orang yang kita cinta tapi beda agama, kita malah mengkhianati Tuhan dan memilih cinta pada mahluk yang manusiawi macam manusia biasa. Sungguh itu tak sebanding kawan, dengan cinta Tuhan yang sangat Maha.

2. Penjahat Kelamin

Pria yang tidur dengan wanita tanpa ikatan pernikahan. Pria yang melakukan hubungan seks dengan mudahnya. Pria yang menganggap hubungan intim dengan wanita tanpa harus bertanggung jawab apapun, adalah hal yang lumrah dan biasa saja. Pria gampangan yang mau saja disodori dada dan paha oleh perempuan mana saja. Dan terakhir adalah pria yang hanya mengikuti nafsu seksualnya saja tanpa takut dosa dan tanpa mau bertanggung jawab terhadap perempuan yang ia tiduri. Merekalah yang kusebut, penjahat kelamin.

Lelaki model seperti ini sangat berbahaya. Jelas ia tahu cara merayu, menggoda dan menyanjung perempuan hingga begitu mudahnya para perempuan ini menyerahkan dirinya secara sukarela dan tanpa paksaan pada laki-laki model ini. Dan lelaki tipe seperti ini jarang bisa setia dengan satu wanita, karena ia tahu banyak wanita lain yang mau saja ia ‘anu-anuin’. Dan aku yakin, pernikahan bukanlah hal yang dapat membatasinya dari kelakuan seks bebasnya. Jadi jangan berharap kalau setelah menikah ia akan berubah dan jadi lelaki baik-baik yang hanya puas melakukan ‘itu’ hanya dengan istri sahnya saja.

Bukan nggak mungkin pria seperti ini tobat dan mau terikat dengan 1 wanita saja seumur hidupnya. Pasti ada satu atau dua lelaki yang bisa berubah menjadi lebih baik. Tapi bagaimana dengan ‘benih’ yang sudah ia sebar kemana-mana? Siapkah anda bila suatu hari dalam pernikahanmu ada seorang anak yang datang dan ternyata ia adalah hasil dari ‘tindakan nakal’ suamimu dimasa lalu.

Dan bagaimana dengan kemungkinan lelaki model beginian ternyata terkena penyakit seks menular? Seperti HIV/Aids, belum ada obatnya loh sampai sekarang. Kemudian Jamur clamidia yang menyerang alat kelamin ( selain bikin alat kelamin pria dan wanita jadi tampak sangat jelek, penderitaan akibat jamur ini sendiri udah merupakan siksaan menyakitkan dan menular kepasangan juga anak yang dikandung). Lalu ada Gonorhoe atau lebih dikenal penyakit raja singa, dimana pada alat kelamin pria dan wanita terdapat bintil-bintil seperti cacar. Yang gatal, panas dan nggak sembuh-sembuh. Belum lagi resiko penularan pada janin yang dikandung bisa bikin anak cacat. Dan masih banyak lagi penyakit yang dapat ditularkan akibat seks bebas plus dampak mengerikannya bagi sipelaku, pasangannya bahkan keturunannya.

Sudah siapkah para Ladies dengan kemungkinan seperti ini? Aku sih nggak nakut-nakuti. Tapi lebih ingin memberikan informasi sebagai pertimbangan supaya para wanita, kaumku, bisa lebih cerdas dalam memutuskan memilih pria yang ingin dinikahinya.

3. Pengguna Narkoba dan Miras

Narkotika, obat-obatan terlarang dan minuman keras. Mengapa dilarang agama dan negara? Karena bisa menyebabkan mabuk/tidak sadar. Dan kalau seseorang dalam keadaan mabuk atau tidak sadar/tidak waras bagaimana dengan akibat tindakan yang ia lakukan tanpa menggunakan pikiran, kecerdasan dan nuraninya?
Bisa saja ia membunuh orang, memperkosa, menyiksa dan melakukan tindakan kejahatan lainnya gara-gara ketidaksadarannya.

Pemakai narkoba dan pemabuk tidak bisa menggunakan akal sehatnya saat sedang kecanduan. Sudah banyak kejadian para suami dan ayah yang kecanduan narkoba dan miras, tega menjual istri dan anaknya demi mendapatkan uang untuk membiayai kebutuhan mabuknya.

Sekali lagi, jangan berkhayal pernikahan bisa melunakkan kecanduan mereka sehingga mereka bisa dengan mudahnya berhenti memakai. Bahkan dengan kemauan keras dan niat para junkies ini untuk sembuh dari ketergantungan narkoba dan miras, adalah hal yang sangat sulit dilakukan.

Bayangkan sebuah pernikahan dimana pasangan kita adalah pecandu narkoba atau minuman keras. Apa yang Ladies harapkan dari orang yang sedang mabuk dan tak waras? Bagaimana jika Ladies diajak bercinta olehnya? Jangankan membaca doa sebelum melakukan ‘itu’, ingat dengan siapa melakukannya saja ia belum tentu. Lah, wong dia nggak sadar dengan apa yang ia lakukan. Maukah Ladies menerima pria seperti ini?

Dan bagaimana dengan perkembangan psiklogi anak-anak dalam pernikahan seperti ini? Sungguh bukan keadaan yang baik bagi jiwa seoarang anak melihat ayahnya dalam keadaan mabuk dan tidak sadar. Belum lagi jika ternyata ada sifat kekerasan yang dilakukan oleh sipemakai narkoba dan pemabuk ini. Orang yang tak sadar dan waras, bisa melakukan apa saja loh. Kalau cuma dipukul dan dihajar oleh ayah yang sedang mabuk, mungkin masih lebih baik dari pada dilecehkan secara seksual (incest) oleh ayah yang seperti itukan. Ladies sudah memikirkan sejauh ini?

4. Penjudi

Judi itu seperti candu. Dan orang yang sudah kecanduan judi, bisa saja menjual segala harta bendanya termasuk anak dan istrinya, demi segepok uang yang dapat ia pertaruhkan dimeja judi.

Enggak ada itu taruhan besar dan taruhan kecil. Semuanya yah berawal dari sebuah taruhan kecil yang lama-lama meningkat jadi taruhan besar. Orang-orang yang sudah kecanduan berjudi, mana kepikiran lagi untuk mencari nafkah. Mengurus keluarga. Atau membesarkan anak-anak dengan baik.

Kalau seorang suami atau seorang ayah lebih memilih menghabiskan uangnya demi bermain judi dibandingkan membelikan istrinya baju atau membayarkan spp anaknya atau membeli beras, pria seperti itu tak layak untuk dipertahankan. Karena dalam pernikahan, yang paling utama adalah kepentingan keluarga berupa makan, kebutuhan pokok, biaya kesehatan, pendidikan bagi istri dan anak. Bukan lagi kesenangan pribadi yang tidak membawa faedah baik dalam berkeluarga.

So, para perempuan yang budiman pikirkan lagi keputusanmu dalam memilih laki-laki yang suka berjudi. Karena pria yang suka berjudi, pasti juga nggak segan-segan mempertaruhkan segalanya demi memuaskan keinginan atau hasrat judinya. Dan apa kamu mau suatu saat akan datang waktunya kamu atau anak-anak kalian terpaksa menderita demi seorang suami atau ayah yang suka berjudi? I don’t think so. Kamu pantas mendapatkan yang lebih baik dari ini, dear.

5. Penyuka Kekerasan

Nah, ini bagian yang tampaknya sepele padahal bisa berakibat fatal. Pria yang suka menggunakan kekerasan pada wanita adalah pria banci. Yeah, banci.

Cuma pria dengan ego besar dan (mungkin) t*tit kecil yang memukuli perempuan yang sudah jelas-jelas kalah kekuatan dan lebih lemah dari dirinya. Kalau memang dia pria jagoan, carilah lawan yang seimbang untuk digebukin, coba saja berantem sama Agung Hercules, The Rock, Vin Diessel atau Jackie Chan sekalian. Itu baru berani dan pantas dibanggain. Masa mukuli perempuan sih?

Perempuan itu buat disayang-sayang, mas. Bukan buat dipukuli kayak karung pasir. Dan kalau anda butuhnya seperti itu, kawin aja sama sandsak. Itu lebih bermutu dan menggembleng anda jadi petinju.

Dan bodohnya, ada loh perempuan yang dari mulai berpacaran sudah biasa menerima perlakuan kasar dari kekasihnya. Ya ditempeleng, ditendang, dijambak dan lain-lain. Dan super idiotnya tetap mau menikahi pria model ini dengan harapan setelah menikah akan berubah.

Bertahan dalam suatu hubungan baik berpacaran atau pernikahan dengan pelaku kekerasan adalah menantang maut bagi diri sendiri. Siapa yang bisa menjamin dia nggak kebablasan sampai menghilangkan nyawa? Orang yang mukul itukan nggak ngerasain sakitnya. Lah, kita yang jadi korban yang merasakannya. Mau mati atau cacat ditangan orang seperti ini? Kalau aku sih ogah berhubungan dengan pria model ‘jagoan kandang’ gini. Hidup, hati dan tubuhku terlalu berjarga untuk dirusak oleh pria pelaku kekerasan.

Dan kekerasan juga nggak selalu melukai fisik saja. Ada yang disebut dengan kekerasan verbal, dimana pelakunya dengan sengaja menghina, merendahkan, melukai, mengejek secara sengaja dan terus menerus sehingga korbannya merasa bahwa apa yang dikatakan oleh sipelaku adalah benar. Dan sikorban menjadi kehilangan kepercayaan dirinya serta harkat dan martabatnya.

Neng, bad habit atau kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging seperti ini, nggak akan bisa hilang dengan sendirinya. Tanpa kemauan dan niat keras sipelaku kekerasan serta sangat perlu bantuan dari ahli kejiwaan untuk menanganinya. Dan tentu saja perlu waktu yang panjang untuk menyembuhkannya.

Jadi jangan bermimpi pernikahan bisa merubah sifat jahat dan attitude buruk lelaki dengan mudahnya. Dan kalau nggak ada niat dan kemauan keras dari si lelaki untuk merubahnya, nggak akan ada perubahan yang lebih baik yang akan terjadi.

Well, inti dari tulisanku kali ini adalah jangan merendahkan standar prinsip dalam memilih lelaki yang datang dalam hidupmu. Kalau brengsek ya tetap akan brengsek meski kau menutup mata dan berhalusinasi kalau dalam pernikahan ia akan berubah.

Jangan menerima lelaki yang kau sudah tahu kebejatannya dengan keyakinan bahwa tidak ada yang lebih baik dari ini akan datang untukmu. Oh, please jangan merendahkan dirimu sampai seperti itu sayangku. Kamu berharga, lebih dari pria-pria tak layak ini.

Seorang sahabatku berkata “jodoh itu cerminan dari diri kita”. Kalau kita baik, jodoh kitapun pasti orang baik-baik. Dan kalau kita buruk, jodoh kita mungkin sama buruknya dengan kelakuan kita. Jadi kalau kamu yakin kamu wanita baik dan terhormat, mengapa kamu mau dengan pilihan buruk seperti itu? Karena cinta? Karena takut dibilang nggak laku? Karena takut nggak ada yang mau lagi?

Hei, soal jodoh itu hak prerogratif Tuhan. Itu mutlak urusannya dan kita cuma bisa berharap dan berdoa.

Yakinlah Tuhan masih menyisakan pria-pria baik yang mempesona untuk dirimu dan pasti ada. Jadi jangan sampai kau terburu-buru dan salah memilih jodohmu. Ini soal hidup, dan hidupmu belum berhenti, tak ada salahnya kau menunggu sedikit lebih sabar untuk mendapatkan yang terbaik.

16 Kebiasaan Unik Kucing dan Penjelasannya Secara Ilmiah

Suka kucing? Tahu kenapa kucing selalu mengubur kotorannya? Atau menggosok-gosokkan badannya ke kaki kita? Ternyata semua hal tersebut mempunyai alasan secara ilmiah loh. So, here there are, 16 kebiasaan unik kucing serta penjelasannya berdasarkan evolusi kucing oleh FR (Ssst! Orangnya pemalu jadi minta namanya dibikin inisial aja).

(1) Mengapa kucing mengeong pada
sesama kucing?
Kucing mengeong sebagai sinyal sosial
kepada sesama kucing. Sinyal sosial ini
bisa berupa pertanda kalau ia butuh
bantuan, merasa senang, atau merasa puas.

(2) Mengapa kucing tidur melulu?
Kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge tubuhnya untuk berburu. Ketika berburu, kucing
menggunakan energi secara mendadak, besar-besaran, dan cepat agar dapat menangkap buruan secara efisien.

(3) Mengapa kucing membawa binatang mati ke rumah?
Itu pertanda kucing tersebut menganggap pemilik rumah tidak kompeten dalam berburu. Ia menunjukkan kemampuannya berburu dan mencoba mengajarkan pada “majikannya” cara mencari makan yang
benar. Namun karena sang “majikan”
tidak pandai berburu, sang kucing membawakannya makanan.

(4) Mengapa kucing mengubur makanan?
Sebagai persediaan makanan. Seperti
halnya anjing, ketika kenyang namun masih ada makanan, kucing akan menguburnya agar tidak diambil hewan lain.

(5) Mengapa kucing mengubur kotorannya dan pipis di daerah tertentu?
Hanya kucing inferior yang mengubur
kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat
hewan alpha dan inferior. Hewan alpha adalah penguasa teritorial karena kekuatannya atau kualitas fisik lainnya. Hewan inferior tidak boleh berperilaku seperti hewan alpha karena berarti menantang duel hewan alpha. Kucing alpha boleh membuang kotoran sembarangan tanpa mengubur. Kucing alpha boleh pipis sembarangan. Baik membuang kotoran maupun pipis adalah tanda bahwa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya.
Sedangkan kucing inferior yang membuang kotoran di wilayah tersebut harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh alpha. Ia juga harus pipis di wilayah khusus yang diperbolehkan oleh sang alpha. Jadi, jika kucing anda mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang itu-itu melulu, kucing anda bukan kucing jagoan.

(6) Mengapa kucing marah pada orang
yang tidak dikenal?
Itu tanda dominasi. Kucing menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Tindakan menatap matanya langsung adalah tanda konflik dan kucing dapat marah walaupun tatapan itu sebentar. Orang asing
yang baunya tidak dikenal kucing harus menghindari kontak mata agar tidak memberi sinyal konflik.

(7) Mengapa kucing berdesis pada burung?
Itu tanda kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap sang burung sebagai mangsa sehingga menunjukkan kekesalannya dengan berdesis.

(8) Mengapa kucing memukul lembut
dengan kaki depan?
Itu tanda kenyamanan. Kucing memukul lembut pada tubuh anda yang dikiranya payudara ibunya. Sang ibu adalah tempat bernaung dan berlindung bagi sang anak kucing. Dengan memukul lembut payudara
ibunya, sang kucing dapat menghisap asi sang ibu. Ini menjelaskan mengapa kucing yang manja umumnya kucing yang masih kecil.

(9) Mengapa kucing memakan rumput?
Kucing memakan rumput sebagai lalapan. Walaupun karnivora, kucing membutuhkan juga protein nabati untuk kelancaran pencernaannya.

(10) Mengapa kucing menggaruk dinding?
Menajamkan kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat.

(11) Mengapa kucing bersalto?
Hal ini dilakukan untuk memperoleh sudut terbaik untuk mencengkeram mangsa sehingga mangsa efektif tertangkap. Lemparkan gulungan kertas, ia juga akan bersalto.

(12) Mengapa kucing memainkan
mangsanya sebelum dibunuh?
Bagi kucing rumahan, mendapat mangsa adalah peristiwa langka. Kucing dapat saja menggigit langsung sehingga mangsanya efektif mati, tetapi hal ini tidak dilakukan. Ia ingin bersenang-senang dan menikmati
momen dimana ia memperoleh mangsanya. Bagi ibu kucing, sering ia tidak membunuh sang mangsa, tetapi membawanya hidup-hidup untuk membagi kegembiraan dengan anak-anaknya.

(13) Mengapa kucing mendesis ketika
marah?
Ini disebut mimikri ular. Kucing sedang
meniru ular karena bagi sang kucing, ular adalah hewan berbahaya. Ia punya taring seperti kucing, tetapi punya bisa. Kucing tidak punya bisa, tetapi dengan meniru desis ular, ia berharap lawannya mengira kalau ia juga punya bisa yang mematikan. Biasanya kucing mengarahkan telinganya menjadi datar ketika mendesis, tebak untuk apa, untuk meniru kobra.

(14) Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya pada kaki atau benda?
Sama seperti pipis dan membuang kotoran bagi kucing alpha, kucing menggosokkan dirinya pada benda sebagai tanda benda tersebut adalah miliknya. Kucing memiliki feromon dan feromon alias bau khas ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing lain tidak akan berani menggosokkan tubuhnya kecuali ia berani mengambil resiko konflik agraria. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki anda, itu tandanya ia merasa anda adalah miliknya.

(15) Mengapa kucing mengeong pada
manusia?
Beda dengan sesama kucing yang
menandakan sosialisasi, kucing mengeong pada manusia, terutama saat lapar, adalah berusaha menipu manusia. Ia mencoba meniru suara bayi agar dikira bayi oleh majikannya sehingga ia mendapatkan perhatian pula dari sang majikan layaknya perhatian yang diberikan sang manusia kepada anaknya.

(16) Mengapa kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang?
Kucing punya kelenjar yang terangsang
ketika mereka menyentuhkan bulunya.
Itulah feromon atau bau khas kucing
sebagai penanda individu. Manusia juga punya bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau sang kucing sendiri. Sang kucing tidak terima ini dan segera menjilati bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, ia akan segera lari dan membasuh dirinya.

Bagaimana, ternyata kucing sangat menarik yah? Makanya banyak orang yang suka memelihara kucing. Lalu siapa FR? Hanya seorang pecinta kucing yang kebetulan adalah temanku. Ia membuat artikel ini dengan setelah membaca banyak artikel menarik tentang kucing di internet, dan merangkumnya menjadi sebuah tulisan yang menarik. Lalu ia memintaku untuk memposting tulisan ini diblogku. Karena menarik dan bermanfaat, tentu saja aku tidak keberatan. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Have a good time, guys!

5 Tips Memutuskan Kekasih Secara Jantan dan Beradab

Menjalin kasih dengan seseorang adalah hal menyenangkan selama hubungan itu baik-baik saja. Namun ketika suatu saat sebuah hubungan tak lagi dapat dipertahankan, banyak orang yang tak mengerti bagaimana cara ‘berpisah’ dengan benar. Banyak pria-pria yang menjadi pengecut, memutuskan wanita hanya melalui sepotong sms. Dan banyak juga hubungan yang dimulai tanpa menyelesaikan hubungan terdahulu dengan yang lain. Padahal sebuah kisah yang dimulai dengan cara gegap gempita, diakhiri dengan kabur begitu saja tanpa kata akan tampak memalukan sekali.

Memang tidak ada perpisahan yang mudah dan tanpa rasa sakit, tapi toh kita tetap harus melakukannya dengan baik-baik. Kenapa? Karena hubungan inipun dulunya diawali dengan sebuah kebaikan, jadi suatu keharusanlah diakhiri dengan baik pula. So, inilah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memutuskan hubungan dengan kekasih.

1. Katakan Secara Langsung.

Poin dasar yang paling penting dilakukan dalam memutuskan hubungan berpacaran adalah mengatakannya secara langsung dan berhadap-hadapan. Meskipun ini hal yang sangat tidak mengenakkan dan situasi yang sulit, tapi tolonglah untuk jadi pemberani dengan menemuinya dan berbicara face to face.

Jangan mengatakan putus melalui perantara orang lain, melalui telefon ataupun berupa pesan singkat seperti sms. Karena putus saja sudah sangat menyakitkan bagi yang ditinggalkan, apalagi bila diputuskan secara tidak langsung seperti itu. Baginya akan tampak seolah-olah hubungan kalian selama ini tak berarti sama sekali dan kamu tidak menghargainya sebagai seseorang yang dulu pernah kamu kasihi. Sesalah dan seberat apapun keadaannya, temuilah dia secara langsung dan mintalah putus secara baik-baik. Setidaknya kesan terakhir yang kamu tinggalkan akan tetap dikenangnya sebagai seseorang yang baik walau tak berjodoh.

2. Katakan Dengan Jelas.

Banyak orang yang sebenarnya sudah tidak ingin lagi bersama dengan kekasihnya namun tidak bisa atau tidak mau mengatakan hal sesungguhnya. Dan malah menggunakan kata-kata kiasan yang bersayap, seperti ‘kita break dulu’ atau ‘aku ingin sendiri dulu’ atau ‘kita tak usah bertemu dulu’ atau ‘kita perlu waktu sendiri-sendiri’ atau ‘aku ingin menjauh sebentar’ atau ‘kita jalani masing-masing dulu’ dan banyak lagi yang lain.

Kata-kata seperti ini bisa menimbulkan banyak arti dan harapan palsu. Kamu mungkin sudah bosan dengannya namun tidak sampai hati mengatakan hal sesungguhnya. Tapi yang tidak kamu sadari adalah dampak perkataan kamu padanya, karena ia mengira masih ada harapan dan kesempatan denganmu. Padahal sama sekali tidak. Ini seperti memberi harapan kosong padanya, yang terus digenggam padahal sudah tidak ada apapun. Menyedihkan sekali bukan?

Padahal alangkah lebih baik jika kamu jujur saja mengatakan ingin putus dan tidak bertele-tele, mengantung-gantung hubungan dan harapan bagi dia. Mungkin ia akan kecewa, menangis dan bersedih saat kamu putuskan. Tapi setidaknya hubungan kalian sudah jelas berakhir dan bisa sama-sama memulai hidup lagi tanpa masing-masing. Suatu hubungan tanpa kejelasan putus atau tidak, adalah beban bagi kedua belah pihak untuk ke depannya. Bagaimana bisa memulai dengan yang baru kalau yang lama masih menghantui dan terkatung-katung? Kamu pasti tidak bisa tenang apalagi dia.

3. Beri Alasan Yang Jelas Mengapa Harus Putus.

Suatu hubungan yang diakhiri tanpa alasan yang jelas, pasti akan meninggalkan tanya besar bagi yang ditinggalkan. Hal ini dapat membuatnya merasa bersalah terhadap dirinya sendiri. Terkadang bisa membuat seseorang menghukum dirinya sendiri karena ia pikir ialah yang bersalah dan harus bertanggung jawab atas berakhirnya sebuah hubungan tersebut. Apa kamu mau melihat dia yang dahulu pernah menjadi hal terpenting bagimu setelah orang tua dan keluarga, menjadi seseorang yang menyalahkan dirinya sendiri dan masih terikat rasa bersalah dari masa lalu kalian? Tentu tidak, bukan. Sebagaimana kau ingin bahagia pasti kau juga mengharapkan kebahagiaan baginya, meski tak bersamamu lagi.

Jadi katakanlah dengan jelas alasan mengapa kau ingin putus, ingin berpisah dengannya. Tak mau bersamanya atau tak bisa mencintainya lagi. Apapun hal tersebut. Meski sangat menyakitkan baginya dan bagimu. Tapi ini demi kebaikannya dan dirimu juga di masa yang akan datang.

4. Ungkapkan Penyesalan dan Permintaan Maaf Karena Hubungan Ini Tak Berhasil.

Selama menjalin hubungan dengannya tentu tak selamanya berjalan mulus. Dan pasti pernah mengucapkan janji-janji untuk masa depan, yang sekarang sudah tentu tak bisa ditepati. Tidak mungkin bukan melaksanakan janji tersebut sementara kalian sudah tak lagi berhubungan. Jadi sebaiknya batalkanlah semua kata-kata dan janji yang tak akan kau wujudkan dengannya.

Katakanlah penyesalanmu dan permintaan maafmu yang tulus tentang hubungan yang tidak dapat dilanjutkan ini. Hal ini jauh lebih berarti dibandingkan kamu menyalahkannya atas segala sesuatu yang telah terjadi. Dan betapa buruknya apa yang berlangsung selama hubungan kalian, jangan jadikan itu sebagai ingatan terkuat kenangan kalian. Tutuplah kisah ini dengan akhir yang indah dan beradab, sehingga kalian bisa berpisah tanpa ada ganjalan lagi.

5. Ucapkan Terimakasih Atas Segalanya.

Bagaimanapun akhirnya kalian terpisah, dia pernah mengisi hati dan hidupmu dengan cinta. Dan kaupun pernah menjadi bagian paling penting dari dirinya. Putusnya hubungan ini dan perpisahan kalian pasti memberikan kesedihan bagi masing-masing, dan luka.

Kita sering lupa bahwa bekas kekasih atau mantan pacar juga manusia biasa yang sama perasaannya seperti kita. Meski diperjalanan ketidak cocokan dan berbagai masalah menghampiri kalian, ataupun pada akhirnya ternyata ia tidak seindah yang kau bayangkan. Ucapan terimakasih jauh lebih baik daripada mengatakan hal-hal jahat yang semakin membuatnya bersedih.

Dengan mengucapkan terimakasih, kau memang mengakui ada hal-hal indah selama perjalanan cinta kalian. Ada kenangan manis yang mengikat kalian. Dan kau menyadari dengan pasti bahwa ia pernah menjadi hal terindah dan paling penting bagi dirimu. Bukankah hal ini lebih berarti dibandingkan luka yang harus dibawa sampai mati?

Cinta memang tak selamanya indah dan berakhir bahagia. Tapi cinta tetaplah cinta meskipun tak mudah dan tak mungkin diwujudkan. Ada perasaan yang tumbuh, berbunga dan mati di dalam relung jiwamu. Itulah cinta bagiku. Bukan hanya hasil akhirnya yang paling penting, tapi perjalanannya juga merupakan suatu proses yang membangun dirimu. Jadi meskipun pada akhirnya harus berpisah dan melukai, lakukanlah dengan gagah berani dan kesatria. Hal yang tak lagi banyak dimiliki para lelaki masa kini, yaitu sifat gentleman. Yang harusnya mewakili dirimu sebagai manusia yang dianugerahi pikiran setajam pedang dan perasaan sehalus sutra. (ysl).